Search :

Advance


KAJIAN TEKNIS PRODUKSI DAN TEORITIS ALAT MEKANIS PADA PENGUPASAN OVERBURDEN PIT TAMAN TAMBANG AIR LAYA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sayed Hubbul Walidainy - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PT. Bukit Asam adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dengan metode penambangan terbuka atau open pit, pada proses penambangan di Pit Taman digunakan metode shovel and truck. Proses pengambilan data untuk perhitungan produksi dilakukan dengan menghitung cycle time alat gali muat dan angkut sebanyak 30 data ynag kemudian dihitung dengan beberapa formula yang telah ditentukan. Adapun target produksi Overburden bulan Agustus 2016 pada Pit Taman sebesar 656.000 bcm, namun pada kenyataannya produksi yang dihasil bulan Agustus melebihi target yang direncanakan, yaitu sebesar 947.777,60 bcm maka dari itu perlu dilakukan kajian mengenai efisiensi jam kerja alat, dengan mengurangi lost time pada setiap shift yang sedang bekerja agar dapat tercapainya efisiensi jam kerja yang maksimal. Pengurangan fleet pada front penambangan juga merupakan suatu faktor yang mendukung dalam efisiensi kerja alat dan hasil produksi yang optimal yaitu dengan mengurangi dari 5 fleet menjadi 2 fleet dimana pada setiap fleet memakai excavator PC1250 komatsu dan kemudian membandingkan produksi antara produksi aktual serta teoritis pada setiap alat muat yang dipakai dengan produksi aktual sebesar 717.771,502 bcm/bulan dan teoritisnya 1.123.267,83 bcm/bulan maka selisih antara keduanya sebesar 405.496,328 bcm. Jadi hasil dari penelitian ini ialah produksi aktual dan teoritis lebih besar dibandingkan rencana yaitu realisasi 44% lebih besar dari rencana dan teoritis 66% lebih besar dari rencana. Kata Kunci: produktivitas alat gali muat, efesiensi jam kerja, pengurangan fleet, perbandingan produksi teoritis dan aktual

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PRODUKTIVITAS DAN TARIF BIAYA ALAT MEKANIS PADA PROSES PENAMBANGAN BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER TAHUN 2016 DI LOKASI TAMBANG MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (Muhammad Rifaldi, 2017)

EVALUASI BIAYA OPERASIONAL ALAT MEKANIS PADA KEGIATAN PENGUPASAN OVERBURDEN DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT (Diah Zamalia, 2017)

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI DAN TEORITIS ALAT MEKANIS PADA PENGUPASAN OVERBURDEN PIT TAMAN TAMBANG AIR LAYA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (Sayed Hubbul Walidainy, 2017)

STUDI DATA LOGGING GAMMA RAY DAN DENSITY UNTUK MENGETAHUI KETEBALAN LAPISAN BATUBARA DI TAMBANG PT. BUKIT ASAM, SUMATERA SELATAN. (Annisa Bestari, 2016)

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.