Search :

Advance


ANALISIS DINAMIS RIWAYAT WAKTU JEMBATAN GANTUNG AKIBAT PEJALAN KAKI DAN KENDARAAN RODA DUA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARWO EDHI - Personal Name
Subyek STRUCTURAL ENGINEERING
SUSPENSION BRIDGES - CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Jembatan gantung pejalan kaki telah banyak sekali dibangun di Indonesia, sebagaipemecah masalah akses antar wilayah. Dikarenakan strukturnya yang fleksibel, pemahaman dan desain jembatan gantung tidak cukup sekedar mengandalkan analisis statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperlihatkan respons dinamis jembatan gantung pejalan kaki sederhana tanpa pengaku. Hal yang dipelajari adalah simpangan vertikal dan percepatan ditinjau dari sisi kenyamanan. Beban yang dikenakan adalah beban pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Dikarenakan RSNI 03-3428-1994 Tata cara perencanaan teknik jembatan gantung untuk pejalan kaki tidak mengatur analisis dinamis dalam pertimbangan analisis dan desain, pemodelan beban pejalan kaki didasarkan pada British Standard BS 5400-4:1990 dan Eurocode 1991- 2:2003. Pemodelan beban pejalan kaki dilakukan dalam tiga kondisi; pejalan tunggal, pejalan kelompok, dan arus keramaian. Untuk beban kendaraan dimodelkan sebagai beban berjalan yang cukup akurat untuk kecepatan rendah. Variasi kecepatan yang digunakan adalah 10 km/jam, 20 km/jam, 30 km/jam dianggap cukup representatif. Analisis dinamis dilakukan secara riwayat waktu dengan metode integrasi langsung Newmark dengan bantuan program analisa elemen hingga SAP2000 v.15. Bentang yang diteliti adalah 60 m, 80 m dan 100 m bedasarkan rekomendasi RSNI. Dari hasil tersebut didapati bahwa percepatan akibat beban pejalan kaki masih kecil sehingga tak berpengaruh secara signfikan, hanya bentang 60 m yang paling rawan. Sedangkan beban sepeda motor juga demikian, dengan nilai Dynamic Amplification Factor (DAF) terbesar 7,27 % untuk kecepatan 30 km/jam selang 2 detik pada bentang 100 m, meskipun percepatan terbesar didapat pada bentang 80 m.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH VARIASI TINGGI PYLON TERHADAP LENDUTAN DAN GAYA DALAM JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI DENGAN INCLINED HANGER AKIBAT BEBAN STATIS (Ardli Pratama Putra, 2017)

ANALISIS STATIS JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI DENGAN KABEL PENGGANTUNG VERTIKAL TERHADAP TIGA VARIASI KEDALAMAN LENGKUNGAN KABEL (Rusmala Nurdianti, 2017)

ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN PADA RUAS JALAN DIPONEGORO PASAR ATJEH KOTA BANDA ACEH (Aulia Rahmat, 2015)

ANALISA TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN BANDA ACEH (Nuzula, 2014)

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN T.NYAK ARIEF JEULINGKE TERHADAP PERILAKU PENYEBERANG PEJALAN KAKI (CHANDRA SILALAHI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.