Search :

Advance


VARIABILITAS SEDIMEN BERDASARKAN POLA GELOMBANG DOMINAN TAHUNAN DI KAWASAN PERAIRAN SIKANDANG KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syafrida - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Gelombang dapat menghasilkan energi yang menyebabkan terjadinya transpor sedimen dalam arah tegak lurus maupun sejajar pantai (longshore sediment transport). Salah satu permasalahan dalam perencanaan bangunan pantai adalah terjadinya sedimentasi di sepanjang pantai sehingga perlu diperhitungkan besar volume angkutan sedimennya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat varian dan standar deviasi (Sd) angkutan sedimen yang terjadi di daerah litoral dengan menggunakan metode CERC dan metode Manohar berdasarkan arah datang gelombang dominan. Gelombang yang paling berperan dalam perencanaan bangunan pantai adalah gelombang yang dibangkitkan oleh angin. Data gelombang diambil dari hasil pencatatan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Belawan Wilayah Sumatera Bagian I. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data gelombang selama 7 tahun terhitung dari tahun 2007 – 2013. Lokasi kajian variabilitas sedimen dalam penelitian ini dipilih kawasan perairan Sikandang Kabupaten Nagan Raya. Diagram mawar gelombang digambarkan dengan menggunakan software Wind Rose PLOT dan didapatkan arah gelombang dominan selama tujuh tahun berasal dari arah Selatan Tenggara (STg) dengan persentase sebesar 38.30 %. Transformasi gelombang yang diperhitungkan adalah proses shoaling dan refraksi. Penjalaran gelombang menunjukan tinggi dan kedalaman gelombang pecah paling besar terjadi pada tahun 2013 bulan Juni (Hb = 2,727 m dan db = 3,16 m) paling rendah terjadi pada tahun 2008 bulan Desember (Hb = 0,515 m dan db = 0,55 m). Nilai volume sedimen terbesar pada bulan Juni 2013 dengan metode CERC yaitu 1.497.515 m3/bulan dengan nilai Sd 482.176 m3/bulan dan dengan menggunakan metode Manohar yaitu 290.771 m3/bulan dengan nilai Sd 92.715 m3/bulan. Nilai volume sedimen terkecil pada bulan Desember 2008 dengan metode CERC yaitu 19.673 m3/bulan dengan nilai Sd 183.120 m3/bulan dan dengan menggunakan metode Manohar yaitu 5.641 m3/bulan dengan nilai Sd 38.323 m3/bulan. Kata Kunci : mawar gelombang, penjalaran gelombang, gelombang pecah, sedimentasi, varian sedimen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK DAN DIMENSI PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA (Armido, 2015)

TINJAUAN ARAH DAN BESAR ANGKUTAN SEDIMEN SEJAJAR PANTAI JANGKA WAKTU MENENGAH DI WILAYAH PANTAI NEUHEUN ACEH BESAR (Bella Fitrah Clara, 2017)

ANALISIS SEBARAN BUTIR SEDIMEN BERDASARKAN POLA ARUS DI PERAIRAN KUALA GIGIENG (NONI FITRIA, 2015)

PENGARUH TEGANGAN GESER TERHADAP KONSENTRASI SEDIMEN MELAYANG DI SEKITAR LOKASI GELOMBANG PECAH (Ismul Arif, 2014)

PENGARUH GELOMBANG PECAH TERHADAP SEDIMEN FLUKS DI KAWASAN LITORAL TELUK ULEE LHEUE KABUPATEN ACEH BESAR (Arisna Fauzia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.