Search :

Advance


PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mauliza rizsky - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizsky, Mauliza. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Resource Based Learning Kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs.Salasi R, M.Pd., (2) Dr. M.Ikhsan, M.Pd. Kata kunci: berpikir Kritis, Resource Based Learning Matematika merupakan mata pelajaran yang dipelajari siswa disemua jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan modal bagi siswa untuk menguasai matematika. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah melalui pendekaan Resource Based Learning.Resource Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menghadapkan siswa dengan sejumlah sumber belajar dimana siswa dapat memilih secara bebas sumber belajar yang sesuai dengan minat. Sumber belajar yang disediakan merupakan video, powerpoint, buku teks dan narasumber. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan Resource Based Learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Control Grup Pre-test Post-test. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yaitu kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes kemampuan berpikir kritis. Analisis kemapuan berpikir kritis dinilai berdasarkan empat aspek yaitu kemampuan evaluasi, kemampuan identifikasi, kemampuan analisis dan kemampuan pemecahan masala.Data hasil tes belajar dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai thitung = 20,93 dan nilai ttabel = 1,67 , data tersebut dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima dikarenakan thitung> ttabel yaitu 20,93>1,67. Dapat disimpulkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan Resource Based Learning lebih baik dibandingkan penggunaan metode konvensional pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

PENERAPAN MODEL MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII MTSN RUKOH (Rara Putri Siagian, 2016)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIEF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (nurul akmal, 2014)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.