Search :

Advance


PENGOLAHAN AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM DAN TANAH LEMPUNG SEBAGAI MEMBRAN KERAMIK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ririna Dara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kegiatan pertambangan selalu membawa dua sisi yaitu memacu kemakmuran ekonomi negara sekaligus perusak lingkungan yang sangat potensial. Air asam tambang adalah salah satu permasalahan lingkungan yang dihasilkan oleh industri pertambangan. Salah satu upaya pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara pembuatan membran dari material berpori. Dalam penelitian ini, dibuat membran keramik berpori berbasis zeolit alam dan tanah lempung. Zeolit alam dan tanah lempung dicampur menggunakan air, lalu dicetak membentuk membran. Selanjutnya membran dikeringkan selama 7 hari dan dibakar di dalam furnace pada suhu 500⁰C selama 2 jam sampai akhirnya terbentuk membran keramik. Kemudian membran keramik digunakan untuk menurunkan pH dan kandungan logam Mn pada air asam tambang. Sebagai pembuktian fungsi membran keramik, sampel air asam tambang sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan diuji Spektrofotometri Serapan Atom. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kenaikan pH dan penurunan logam Mn pada air asam tambang yang optimal terjadi pada persentase zeolit 40%, waktu tampung 60 menit, dan tekanan 9 psi. Kenaikan pH mencapai nilai 6,86 dengan efisiensi penyerapan 71,67%. Kata Kunci: air asam tambang, zeolit, pH, spektrofotometri serapan atom, membran keramik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI BASAH (Nasrullah, 2014)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Ramadhana, 2017)

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI KERING (Riski Mahazir, 2014)

ANALISIS KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT (Mizanul Hayat, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.