//

PENGARUH BUKAAN JENDELA PADA DINDING BATA TERHADAP KAPASITAS DAN KEKAKUAN PORTAL BAJA DALAM MENAHAN BEBAN LATERAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julia Maidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada umumnya dinding pengisi digunakan sebagai pemisah antara satu ruang dengan ruang lainnya dan juga sebagai penutup bagian luar bangunan (cladding) untuk menghindari pengaruh lingkungan luar. Pada sebagian dinding pengisi terdapat bukaan seperti bukaan pintu atau jendela. Dalam perencanaannya dinding pengisi biasanya dianggap sebagai komponen non-struktural yang tidak memberikan pengaruh kekakuan pada struktur yang ditempatinya. Pada kenyataan menunjukkan, dinding pengisi mempunyai kecenderungan berinteraksi dengan portal dan memberi sumbangan yang besar terhadap kekakuan dan kekuatan struktur ketika terdapat beban lateral yang besar (gempa bumi) sehingga perilaku keruntuhannya berbeda antara portal tertutup (infill frame) dengan portal terbuka (open frame). Oleh karena itu untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh bukaan jendela pada dinding pengisi terhadap kapasitas dan kekakuan struktur dalam menahan beban lateral maka dilakukan pemodelan analisis struktur dengan mengambil objek bangunan Ruko 3 (tiga) lantai yang mengunakan elemen struktur portal baja. Dalam pemodelan ini nilai kekuatan dinding dimodelkan sebagai strut (3 strut) baik untuk dinding penuh maupun dinding dengan adanya bukaan jendela yang tercakup dalam 8 (delapan) pemodelan. Tahapan analisis yang dilakukan dimulai dengan mengumpulkan data dan memodelkan bangunan gedung yang ditinjau untuk dilakukan perhitungan pembebanan yang selanjutnya nilai yang telah didapatkan beserta nilai kekuatan dan lebar strut akan diinput dan dianalisis menggunakan metode non-linear pushover dengan bantuan program SAP2000 berdasarkan standar FEMA 356 dan FEMA 440. Dari hasil analisis diperoleh kekakuan paling kecil terdapat pada pemodelan 3 yaitu sebesar 421876,564 N/mm dengan persentase bukaan 9%, sedangkan nilai kekakuan paling besar terdapat pada model 1 yaitu sebesar 547894,136 N/mm dengan persentase bukaan 0%, hal ini menunjukkan bahwa kekakuan portal baja dengan dinding yang terdapat bukaan jendela memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan dinding tertutup (tanpa bukaan). Kondisi keruntuhan bangunan pada setiap model ketika terjadi performance point termasuk dalam kategori Operational. Kata kunci: Bukaan jendela, dinding, strut, analisis pushover, portal baja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAPASITAS GAYA LATERAL DINDING DENGAN RC FRAME TERHADAP DINDING BATA PENUH DAN DINDING BATA DENGAN BUKAAN (MUHAMMAD HABIBIE, 2018)

PENGARUH BUKAAN PINTU PADA DINDING BATA TERHADAP KAPASITAS DAN KEKAKUAN PORTAL BAJA DALAM MENAHAN BEBAN LATERAL (Nurul Hidayati, 2017)

PEMODELAN STRUT PADA DINDING BATA DALAM ANALISIS KINERJA BANGUNAN TIPIKAL KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PUSHOVER (Muhammad Bahagia, 2016)

PERILAKU LATERAL PORTAL BETON BERTULANG BERISI DINDING BATA MERAH DAN DINDING PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (MUTIA INTAN SARI, 2017)

ANALISIS KERUNTUHAN BANGUNAN TIPIKAL BETON BERTULANG BERDINDING BATA MERAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS PUSHOVER (SUATU PEMODELAN DENGAN MENGGUNAKAN PANJANG SENDI PLASTIS YANG BERBEDA) (Putri Ulvia Rahmah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy