Search :

Advance


PEMANFAATAN FERMENTASI LIMBAH CAIR TAHU MENGGUNAKAN EM4 SEBAGAI ALTERNATIF NUTRISI MIKROALGA SPIRULINA SP.

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Panji Muhammad Maulana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fermentasi limbah cair tahu menggunakan EM4 terhadap pertumbuhan Spirulina sp. Penelitian ini dilakukan di laboratorium BPBAP Ujung Batee dan laboratorium Biologi Laut, Fakultas Kelautan Perikanan Universitas Syiah Kuala pada Bulan September sampai dengan Oktober 2016. Penelitian ini mengunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan konsentrasi EM4 yang ditambahkan ke dalam limbah cair tahu adalah A=0 mg/l ; B=15 mg/l ; C=20 mg/l ; D=25 mg/l ; E=30 mg/l. Hasil uji Analysis of Varians (ANOVA) menunjukkan bahwa fermentasi limbah cair tahu menggunakan EM4 dengan konsentrasi berbeda berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TETRASELMIS SP. (Agus SriMuliadi, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU DAN PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR FLAVONOID PADA SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) (CUT PUTRI AMALYA, 2017)

PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TAHU DAN AIR KELAPA UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH, MENINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS BIJI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERILL) (Nailis Saadah, 2015)

PEMANFAATAN NUTRIEN LIMBAH CAIR UNTUK KULTIVASI MIKROALGA HIJAU PENGHASIL MINYAK (vera viena, 2015)

APLIKASI ANAEROBIC TREATMENT PADA LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN REAKTOR MESOPHILIK (Satria Purwanto, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.