Search :

Advance


EFISIENSI SINGLE-CELL, TWO-CELL, DAN THREE-CELL BOX GIRDER BETON PRATEGANG TERHADAP KAPASITAS DUKUNG BEBAN LALU LINTAS PADA PERENCANAAN PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNIRUL HADY - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Letak Simpang Surabaya sangat strategis di Kota Banda Aceh. Pada simpang ini terjadi pertemuan beberapa jalur utama menuju Kota Banda Aceh sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Hal tersebut yang mendasari pembangunan fly over Simpang Surabaya pada tahun 2016 ini dengan menggunakan penampang two-cell sebagai struktur bangunan atasnya. Tipe penampang box girder ada beberapa jenis yaitu single-cell, two-cell dan three-cell dan lain-lain.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi antara single-cell, two-cell dan three-cell ditinjau dari segi keamanan (lendutan dan momen), serta segi ekonomis (volume struktur bangunan atas box girder) dengan menggunakan data perencanaan fly over Simpang Surabaya. Fly over dimodelkan sebagai struktur balok menerus tiga bentang dengan konfigurasi bentang (45 + 50 + 45) m. Pembebanan pada box girder didasarkan pada RSNI T-02-2005. Perencanaan fly over ini berdasarkan RSNI T-04-2005 dan Manual 021/BM/2011. Peningkatan beban lalu lintas berupa peningkatan beban Lajur ā€œDā€ yang terdistribusi merata disepanjang fly over hingga struktur fly over itu hancurdengan bantuan software SAP2000. Hasil penelitian ini adalah penampang two-cell dan three-cell lebih efisien dari single-cell ditinjau dari segi lendutan dan kapasitas momen lentur. Pada kombinasi beban layan maksimum lendutan yang terjadi pada single cell sebesar 0,0177 meter , two-cell sebesar 0,0091 meter dan three cell sebesar 0,0085 meter. Dari grafik hubungan momen-kelengkungan diperoleh informasi bahwa penampang single-cell memiliki kapasitas momen ultimit sebesar 175305,32 kN.m, two-cellsebesar211679,11 kN.m, dan three cell sebesar 216876,99 kN.m.Penampang single-cellbox girderlebih ekonomis dari penampang two-cell dan three-cell. Penampang single-cell memiliki berat struktur sebesar 36644,66 kN, two-cell38849,73 kN, dan three-cell sebesar 40024,61 kN. Penampang two-cell box girder adalah penampang yang paling efisien sebagai struktur atas fly over Simpang Surabaya. Penampang two-cellbox girder memiliki ratio (M_u/weight) sebesar 5,45,single- cell sebesar 4,78,dan three-cell sebesar 5,42. Kata kunci: Efesiensi, Fly over simpang Surabaya, single-cell, two-cell, three-cell box girder, beban lalu lintas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METODE PELAKSANAAN PRESTRESSED POST-TENSION PADA PRECAST CONCRETE I GIRDER JEMBATAN BARU KRUENG CUT (FAISAL KURNIAWAN, 2017)

ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI BALOK KANTILEVER BETON PRATEGANG PENUH DAN BETON PRATEGANG PARSIAL STUDI KASUS : BALOK KANTILEVER PADA RUAS JALAN TAPAKTUAN-BAKONGAN (BUNGA RAIHANDA, 2016)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

ANALISIS KINERJA SIMPANG BPKP AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER DAN UNDERPASS SIMPANG SURABAYA,BANDA ACEH (Zulfahmi, 2017)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (ARIFA DIANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.