//

PEMANFAATAN EKSTRAK TANAMAN TEMBAKAU (NICOTIANAE TOBACUM L) SEBAGAI PESTISIDA ORGANIK UNTUK PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACE CANALICULARA L ) DI KAWASAN PERSAWAHAN GAMPONG TUNGKOP ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Emiliani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nova Emiliani. 2016. Pemanfaatan Ekstrak Tanaman Tembakau (Nicotianae Tobacum L)Sebagai Pestisida Organik Untuk Pengendalikan Hama Keong Mas (Pomaceace Canaliculara L.).Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr, Djufri, M.Si ., (2) Prof. Dr. M. Ali S, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pestisida organik dari ekstrak tanaman tembakau dalam mengendalikan hama keong mas pada tanaman padi di persawahan Gampong Tungkop, Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan dari penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, metode yang digunakan untuk perubahan perilaku adalah pendekatan deskriptif dan metode eksperimen pola Rancangan Acak Lengkap untuk efektivitas ekstrak tanaman tembakau dalam membasmi hama keong mas. Rancangan Acak Lengkap yang digunakan terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan untuk ektrak daun tembakau. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah perubahan pola perilaku keong mas dan jumlah individu yang mati. Data dianalisis dengan ANAVA pada taraf signifikasi 0,05, dilanjutkan uji lanjut Jarak Nyata Duncan. Hasil uji ANAVA menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 0,05%. Pada 3 jam Pengamatan Fhitung 3,450 > Ftabel 2,895, pada 6 jam pengamatan Fhitung 4,500 > Ftabel 2,895, pada 9 jam pengamatn Fhitung 4,269 > Ftabel 2,895, dan pada 12 jam pengamatan Fhitung 3,789 > Ftabel 2,895. Jumlah kematian keong mas (P.canacilulata) yang sangat tinggi terdapat pada perlakuan P4 (20% ekstrak). Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pestisida organik dari ekstrak tanaman tembakau dalam kematian hama keong mas pada tanaman padi di kawasan persawahan Gampong Tungkop, Aceh Besar. Kata Kunci: Daun tembakau, Keong Mas, Hama, Dosis dan Kematian,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACANALICULATA)RNDENGAN EKSTRAK KUNYIT KETUMBU (CURCUMA MANGGA)RNDI PERSAWAHAN GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN KUTA BARORNKABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2014)

KEPADATAN POPULASI KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) PADA TIGA VARIETAS PADI DI AREA PERSAWAHAN KEMUKIMAN TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fannul Aula Putri, 2014)

KEEFEKTIFAN BEBERAPA MOLUSISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) (Munawar, 2015)

UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) (Nurhasbah, 2016)

UJI KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA SEBAGAI MOLUSISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS(POMACEA CANALICULATA LAMARCK) (ANNA FARISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy