Search :

Advance


PENGARUH JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI GIBERELIN (GA3) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SEDAP MALAM (POLIANTHES TUBEROSA L.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ema Suryani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pengaruh Media Tanam Dan Konsentrasi Giberelin (GA3) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sedap Malam (Polianthes Tuberosa L.) Ema Suryani Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh – Indonesia Jln. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3 Kopelma Darussalam, Banda Aceh E-mail : emasuryani.r@gmail.com, Kode Pos. 23111 ABSTRAK Sedap malam merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomis tinggi karena bentuk bunganya yang indah dan baunya harum. Sentra produksi bunga sedap malam di Indonesia adalah Bandung, Bangil, Pasuruan, Sukabumi dan Brastagi. Penurunan produksi dan mutu sedap malam disebabkan oleh keterbatasan dalam teknologi budidaya dan penanganan pasca panen. Untuk meningkatkan produksi dan mutu sedap malam dapat dilakukan dengan cara perbaikan budidaya seperti perbaikan media tanam dan penggunaan zat pengatur tumbuh. Media yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan sedap malam antara lain campuran dari berbagai media seperti tanah, sekam bakar dan pupuk kandang. Zat pengatur tumbuh yang digunakan adalah giberelin (GA3). Giberelin merupakan zat pengatur tumbuh tanaman yang mampu mempercepat pembungaan dan memperbesar ukuran bunga. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola Faktorial 4 x 3 dengan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tanam terbaik terdapat pada tanah andisol dan pupuk kandang yang dapat meningkatkan pertumbuhan sedap malam. Konsentrasi giberelin (GA3) yang cenderung terbaik yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman sedap malam terdapat pada 150 ppm. Tidak terdapat interaksi yang nyata antara media tanam dengan konsentrasi giberelin (GA3) terhadap tinggi tanaman, jumlah rumpun, lebar daun, jumlah anakan, berat brangkasan basah dan panjang akar. Kata Kunci : Media tanam, konsentrasi giberelin (GA3), sedap malam

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) AKIBAT JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI AB MIX DENGAN HIDROPONIK WICK SYSTEM (Rina Ulviana, 2016)

PENGARUH KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN MAWAR (FERI AFFRIADI, 2014)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) AKIBAT BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI HYDRO-J SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (Mirza Helmi, 2017)

PENGARUH MEDIA TANAM DAN FUNGSI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM,L.) (ERMA JUNITA, 2015)

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI HYDRO-J MELON SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (RIKA TRISNAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.