//

PENGARUH PENGGUNAAN BUMBU KARI ACEH TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK MIE INSTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Hardianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri Hardianti. 2016. Pengaruh Penggunaan Bumbu Kari Aceh Terhadap Karakteristik Organoleptik Mie Instan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd (2) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd Kata Kunci : Bumbu Kari Aceh, Karakteristik Organoleptik, Mie Instan Mie termasuk kedalam jenis makanan sepinggan yang tergolong dalam kategori makanan berat. Menurut Sjamsuliani sebagai Kepala Balai Besar Pegawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh, “konsumsi mie bagi masyarakat Aceh merupakan yang kedua tertinggi setelah nasi”. Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Penggunaan Bumbu Kari Aceh Terhadap Karakteristik Organoleptik Mie Instan”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh resep standar mie instan bumbu kari Aceh, mengetahui karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur, rasa) mie instan bumbu kari Aceh, dan daya terima konsumen. Mie instan bumbu kari Aceh dinilai dengan uji organoleptik (warna, aroma, tekstur, rasa) oleh narasumber dengan uji pengamatan (Sensory Evaluation) dan uji penerimaan (Acceptability Test) oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan di Laboraturium Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - Tata Boga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh. Analisis data yang digunakan adalah uji LSD (Least Significant Different) pada taraf signifikansi 0.05 dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil analisis data menunjukkan bahwa, mie instan bumbu kari Aceh ditinjau dari segi warna, aroma, tekstur, dan rasa narasumber maupun konsumen menyukai mie instan bumbu kari Aceh pada perlakuan pertama (Ta).Warna yang disukai adalah berwarna kuning dengan aroma yang sangat harum, teksturnya kenyal dan rasa yang enak pada mie instan bumbu kari Aceh. Untuk uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa, hipotesis dapat diterima (H1) baik oleh narasumber maupun konsumen mie instan bumbu kari Aceh ditinjau dari segi warna, aroma, tekstur dan rasa. Saran, penelitian ini dapat ditingkatkan untuk melihat kandungan gizi dan masa simpan mie instan bumbu kari Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING SAPI DENGAN PENGGUNAAN INFUSA DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) (Baida Murliana, 2016)

PENGARUH JENIS BUMBU DAN KONSENTRASI GULA AREN TERHADAP MUTU KECAP MANIS AMPAS TAHU (Jumratul Aini, 2018)

PEMBUATAN BUBUK MASAM KEUENG INSTAN DENGAN VARIASI KONDISI PENGERINGAN DAN FORMULASI BAHAN (Bobby Fahreza, 2018)

PENGARUH PERBANDINGAN KELAPA KUKUR DAN AIR DAN WAKTU PENGERINGAN PADA PEMBUATAN TIMPHAN INSTAN DENGAN METODE PENGERINGAN BEKU (Chainuriza Annisa Fitri, 2018)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Khaula Dhanisya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy