//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA KOLASE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikram - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : hasil belajar, media, audio visual, kolase, IPS Terpadu Media belajar merupakan suatu alat bantu yang dapat ditangkap oleh pancaindera yang berisi pesan yang ingin disampaikan kepada siswa yang dapat digunakan oleh setiap orang dan berhubungan dengan materi ajar dengan fungsi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yang membantu menjelaskan materi, adapun media pembelajaran yang dapat digunakan adalah audio visual dan kolase. Media audio visual dan Kolase memiliki kesamaan dalam penyajian materi sedangkan perbedaannya adalah media audio visual dapat menampilkan sesuatu yang detail dari benda yang bergerak sedangkan kolase menekankan pada indera penglihatan dan tetap tidak memperlihatkan gerak seperti halnya gambar hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa menggunakan media audio visual lebih baik dari pada media kolase pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media audio visual lebih baik dari pada media kolase pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 152 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini hanya dua kelas yakni kelas VIII-3 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-4 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 2,31 yang lebih besar dari ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 58, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran kolase pada siswa SMP Negeri 18 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TARI TRADISIONAL GUEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN TANPA AUDIO-VISUAL DI SMPN 1 DARUSSALAM (Susi Triani, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN WORD SQUARE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU MTSN 4 BANDA ACEH (Ainul Mardhiah, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy