//

HUBUNGAN BIMBINGAN SANITASI IBU DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH DASAR GAMPONG JAWA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Elvira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Elvira, Rahmi. 2016. Hubungan Bimbingan Sanitasi Ibu dengan Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar Gampong Jawa Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Asiah M.D., M.P. (2) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si Kata Kunci: bimbingan, sanitasi, ibu, personal hygiene Personal hygiene merupakan bagian dari kebutuhan dasar manusia yang dapat diajarkan kepada anak sejak usia dini. Pengetahuan ini didapat melalui bimbingan dari orangtua, terutama ibu. Personal hygiene yang buruk nantinya dapat menghambat proses tumbuh kembang pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan hubungan dari bimbingan sanitasi ibu dengan personal hygiene pada anak usia sekolah dasar di Gampong Jawa Banda Aceh. Penelitan bertujuan mengetahui hubungan bimbingan sanitasi ibu dengan personal hygiene anak usia sekolah dasar di Gampong Jawa Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar dan bertempat tinggal di Gampong Jawa yang berjumlah 165 orang. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, dari populasi tersebut diambil 25% sehingga sampel penelitian adalah 41 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuisioner) tertutup, berisi 22 pertanyaan untuk personal hygiene anak dan 22 pertanyaan untuk bimbingan sanitasi ibu. Selain itu di lakukan wawancara untuk menverifikasi data yang diperoleh dari kuesioner, dan dilakukan observasi langsung lingkungan sekitar tempat tinggal responden. Analisis data dilakukan dengan rumus korelasi product moment. Hasil pengumpulan data didapatkan bahwa bimbingan sanitasi ibu di Gampong Jawa Banda Aceh sebagian besar berada dalam kategori baik yaitu sebanyak 25 orang (61%). Hasil Analisis didapatkan rxy sebesar 0,992 yang berarti memiliki korelasi tinggi dengan arah positif. Uji hipotesis = t hitung 49,05 > t Tabel 2,02, sehingga hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara bimbingan sanitasi ibu dengan personal hygiene anak usia sekolah dasar di Gampong Jawa Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERSONAL HYGIENE GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA PEUNITI KEC. BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013 (YENNI MAULIDA, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)DI SD SEUMET MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2014 (Amatallah, 2014)

HUBUNGAN PERSONALHYGIENE TERHADAP KEJADIAN SKABIES PADA SISWA DI SEKOLAH ISLAMRN FAJAR HIDAYAH ACEH BESAR (SURACHMAT ARIGA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMENUHAN PELAKSANAAN PERSONAL HYGIENE ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozana Pusra, 2018)

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH (Khuzaimah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy