//

PENGARUH BUAH KERSEN (MUNTINGIA CALABURA L) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA MUFFIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marhamah Gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marhamah Gunawan. 2016. Pengaruh Buah Kersen (Muntingia calabura L) Terhadap Karakteristik Organoleptik Dan Daya Terima Konsumen Pada Muffin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd (2) Yuli Heirina Hamid, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Standarisasi Resep, Daya Terima Konsumen, Muffin Kersen Penelitian ini membahas masalah penggunaan buah kersen yang diolah menjadi muffin dengan dua perlakuan yaitu dengan menggunakan resep kontrol muffin dan di tambahkan dengan buah kersen. Kersen yang digunakan adalah kersen yang berwarna merah, atau yang sudah matang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Menstandarisasikan resep muffin. (2) Mengetahui pengaruh karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa) muffin. (3) Mengetahui daya terima konsumen pada muffin dengan penambahan buah kersen. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anava) satu jalur pada muffin yang diperoleh dari narasumber dan panelis konsumen mahasiswi tata boga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan oleh 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Hedonic Scale) yang diuji cobakan kepada 30 orang panelis konsumen yaitu mahasiswi tata boga Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan muffin (Mg1) di sukai oleh konsumen dengan nilai rata-rata pada warna 3,4, aroma 3,4, tekstur 3,56 dan rasa 3,73. Hasil analisis data menurut konsumen menunjukkan bahwa muffin (Mg2) lebih di sukai dengan nilai rata-rata pada warna (3,4), aroma (3,4), tekstur (3,56) dan rasa (3,73). Simpulan dari penelitian ini adalah hasil hipotesis diterima, ada pengaruh buah kersen terhadap karakteristik organoleptik muffin dan ada pengaruh buah kersen terhadap daya terima konsumen pada muffin. Kepada peneliti berikutnya untuk meneliti daya simpan muffin dan uji kandungan gizi muffin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KERSEN(MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Nurlena Andalia, 2017)

UJI SITOTOKSIK FRAKSI ETANOL DAUN KERSEN (MUNTINGIA CALABUARA L.) TERHADAP LARVA UDANG ARTEMIA SALINA L. (Suci syahara, 2015)

UJI AKTIVITAS MUKOLITIK EKSTRAK ETANOL DAUN KERSEN (MUNTINGIA CALABURA L.) SECARA IN VITRO (Rizki Hafsyari, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN MUNTINGIA CALABURA L. TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Apriliana Agustina, 2016)

STANDARISASI RESEP ABONRNSUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS) (Manna Futia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy