//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IS SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Am.ikramullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Metode pemberian tugas dalam pembelajaran dinilai mampu meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas, sehingga pengalaman belajar siswa dalam mempelajari sesuatu menjadi terinterasi. Salah satu metode pemberian tugas dalam pembelajaran adalah metode pemberian tugas kelompok dan metode pemberian tugas individu. Penelitian ini mengangkat dua masalah, yaitu (1) apakah hasil belajar siswa yang diberi tugas kelompok lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberi tugas individu dalam mata pelajaran geografi kelas XI-IS di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah dan (2) apakah hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah dalam mata pelajaran geografi kelas XI-IS di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedua masalah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik purposive sampling dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yaitu 3 kelas yang berjumlah 74 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XI IS 1 sebanyak 25 siswa dan kelas XI IS 2 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan angket. Pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan rumus Chi Kuadrat untuk uji normalitas, uji F untuk uji homogenitas varians, serta Uji-t model Polled Varians untuk uji hipotesis (1) dan Anova Satu Jalan untuk uji hipotesis (2). Hasil penelitian hipotesis (1) diperoleh nilai thitung = 6,21 dan ttabel = 1,684, yang berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar siswa yang diberi tugas kelompok lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diberi tugas individu di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Kemudian hasil penelitian hipotesis (2) diperoleh Fhitung = 0,40 dan Ftabel = 4,04, yang berarti Fhitung < Ftabel maka Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi sama dengan hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah dalam mata pelajaran geografi kelas XI-IS di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENDAPATKAN TUGAS INDIVIDU DENGAN TUGAS KELOMPOK PADA PELAJARAN FISIKA DIKELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Putri Malasari, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Putri Haryani, 2017)

HUBUNGAN ESQ DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Aulia Lutfiani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR (FERA NOVIANTI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON (DARMAWAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy