//

HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI LOBSTER (PANULIRUS SP.) DI PERAIRAN PANTAI SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nofian Karisma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang berat, faktor kondisi dan sex-ratio lobster di perairan pantai Simeulue. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 di Keramba Jaring Apung (KJA) pedagang pengumpul yang ada di Teluk Sinabang Kecamatan Simeulue Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel lobster yang di ambil adalah 30% dari total lobster yang tertangkap dari berbagai lokasi penangkapan di perairan pantai Simeulue dan pengambilan sampel dilakukan sebanyak 6 kali dengan selang waktu 5 hari. Hasil penelitian ditemukan 2 jenis lobster yaitu: Panulirus penicillatus dan Panulirus versicolor dengan persentase 53 dan 47%. Berdasarkan perhitungan hubungan panjang-berat Panulirus penicillatus didapatkan persamaan W= 0,00372L2,571 dan Panulirus versicolor dengan persamaan W= 0,003276L2,609, nilai b yang didapatkan menunjukkan kedua jenis lobster tersebut mempunyai sifat pertumbuhan allometrik negative. Nilai rata-rata berat relatif (Wr) dan faktor kondisi (K) kedua jenis lobster tersebut, yaitu Panulirus penicillatus nilai Wr= 100,76 gr ±12,58 dan nilai K= 2,25 ±0,36 sedangkan Panulirus versicolor nilai Wr= 101,59 gr ±16,41 dan K= 2,15 ±0,42. Berat relatif dari kedua jenis lobster tersebut diatas 100 gr menunjukkan bahwa perairan pantai Simeulue masih mendukung untuk pertumbuhan lobster dan nilai faktor kondisi menunjukkan kedua jenis lobster tersebut mempunyai kemontokan yang sama. Sex-ratio Panulirus penicillatus adalah 1:1,04 dan Panulirus versicolor adalah 1,17:1. Hal ini menunjukkan sex-ratio kedua jenis lobster tersebut masih dalam kondisi seimbang. Kata Kunci: Hubungan panjang berat, Faktor kondisi, Sex-ratio, Lobster, Simeulue

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI DAN SEBARAN LOBSTER (PANULIRUS SP) DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAHRNKABUPATEN SIMEULUE (NURUL AMRI, 2015)

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN YANG TERTANGKAP DI KRUENG SIMPOE, KABUPATEN BIREUN, ACEH (Zahrul Fuadi, 2016)

KAJIAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DAN IKAN BELANAK (MUGIL CEPHALUS) YANG TERTANGKAP DI SUNGAI MATANG GURU, KECAMATAN MADAT, KABUPATEN ACEH TIMUR (Zainal Muttaqin, 2016)

ANALISIS VOLUME TANGKAP DAN KEUNTUNGAN USAHA PENANGKAPAN LOBSTER (PANULIRUSSP) PADA KELOMPOK USAHA NELAYAN PENANGKAP LOBSTER KENEKAI KOTA SABANG (STUDI KASUS PERAIRAN SABANG) (teuku zulmansyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy