//

PENGARUH PENDIDIKAN, UMUR DAN CURAHAN JAM KERJA IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS: IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI INDUSTRI BATU BATA DI DESA KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Thasya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul :Pengaruh Pendidikan, Umur Dan Curahan Jam Kerja Ibu Rumah Tangga Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Ibu rumah tangga yang bekerja di industri batu bata di desa Kajhu kecamatan Baitussalam) Nama : Maya Thasya Nim : 1201101010138 Fakultas/Jurusan : Ekonomi Dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Said Muhammad, MA Konsentrasi : Ekonomi Sumber Daya Manusia Dan Ketenagakerjaan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan, umur dan curahan waktu kerja ibu rumah tangga yang bekerja di industri batu bata terhadap pendapatan keluarga di desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, penelitian menggunakan data primer dengan sampel sebanyak 50 responden. Penentuan sampel dengan cara metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan pendapatan keluarga sebagai dependen variabel dan tiga variabel independen yaitu pendidikan, umur, curahan waktu kerja ibu rumah tangga. Hasil dari analisis menunjukkan variabel curahan waktu kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan keluarga ibu rumah tangga yang bekerja di industri batu bata , karena pada indutri tersebut diketahui bahwa sistem pengupahan dilakukan setiap pekerja melakukan produksi sehingga jika tidak berproduksi maka pendapatan juga akan menurun atau nol rupiah. Sementara dua variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap pendapatan keluarga . Produksi batu bata dapat dilakukan hanya dengan memiliki keterampilan, kesehatan fisik dan pengalaman agar dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja pada industri batu bata. Saran bagi ibu rumah tangga yang bekerja pada industri batu bata sebaiknya pintar dan cermat dalam mengatur waktu untuk bekerja sehingga lebih banyak dapat memproduksi batu bata untuk meningkatkan pendapatannya Kata Kunci : pendapatan keluarga, pendidikan, umur, curahan waktu kerja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS NELAYAN DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Ainul Mardhiah , 2016)

KEADAAN SOSIAL EKONOMI WANITA PEMBUAT BATU BATA DI DESA LAM PEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR, 1999-2013 (Armizani, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

PEMBINAAN NILAI MORAL ANAK USIA SEKOLAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI RUMAH DAN IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI LUAR RUMAH (Rahmatillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy