//

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Value engineering atau rekayasa nilai adalah pendekatan sistematis untuk memperoleh hasil yang maksimal dari setiap biaya yang dikeluarkan. Dimana diperlukan suatu usaha kreatif untuk menganalisa fungsi dengan menghapus atau memodifikasi penambahan harga yang tidak perlu dalam proses pembiayaan konstruksi, operasi atau pelaksanaan, pemeliharaan, pergantian alat dan lain-lain.. Dalam hal ini sangat penting untuk dilakukan analisa efisiensi biaya menggunakan value engineering pada proyek Pembangunan Ruang Belajar Stikes Medika Nurul Islam Sigli untuk mengetahui efisiensi biaya pekerjaan dinding dengan menggunakan material bata merah, batafoam, dan batako menggunakan metode rekayasa nilai. Kemajuan dan perkembangan yang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh terhadap pola pikir di masyarakat khususnya dalam permasalahan konstruksi. Konstruksi yang dimaksud dalam tugas akhir ini yaitu pekerjaan dinding. Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan atau membentuk ruang dan juga suatu bagian dari konstruksi yang tidak bisa digantikan. Pada proyek Pembangunan Ruang Belajar Stikes Medika Nurul Islam Sigli, pekerjaan pasangan dinding menggunakan bata merah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan solusi terbaik dengan cara menghitung perbandingan biaya antara bata merah, batafoam, dan batako dengan proses value engineering. Alternatif pertama meliputi pekerjaan pasangan dinding menggunakan batafoam. Alternatif kedua merupakan pekerjaan pasangan dinding menggunakan batako. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode rekayasa nilai yang terdiri dari, tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisa, dan tahap rekomendasi. Hasil yang diperoleh adalah jumlah biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan pasangan batafoam sebagai dinding pengisi dibandingkan pasangan bata merah pada Pembangunan Ruang Belajar Stikes Medika Nurul Islam Sigli adalah Rp. 32.056.000,-, dan jumlah biaya yang dapat dihemat menggunakan pasangan batako adalah Rp. 9.079.000,-. Kata kunci: efisiensi biaya, rekayasa nilai, dinding, batafoam

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI EFISIENSI BIAYA DENGAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PELAYANAN TERPADU PELABUHAN PERIKANAN SAMUDRA (Erwin Juanda, 2017)

ANALISA ALTERNATIF MATERIAL DINDING TAHAN GEMPA PADA RUMAH TIPE 45 MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI (Kemal Achyar, 2017)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

ANALISIS ESTIMASI BIAYA DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (BAMBANG ANWAR SADAT, 2017)

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGECATAN DINDING PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUHAMMAD FADHIL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy