//

HUBUNGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Safitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: hubungan, minat baca, motivasi belajar, hasil belajar, IPS Terpadu. Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang hasil belajarnya tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar Mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII MTsN Kuta Baro belum sesuai dengan harapan, Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya minat baca siswa dan siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTsN Kuta Baro. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 102 siswa, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, korelasi ganda, dan uji F. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai korelasi antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar R = 0,60. Untuk menyatakan apakah korelasi ini signifikan atau tidak maka dilakukan uji F dengan ketentuan terima H a jika F hitung Ftabel untuk taraf signifikansi 5%. Hasil uji F yang diperoleh yaitu F hitung = 18 dan Ftabel = 3,18, berarti F hitung Ftabel. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTsN Kuta Baro.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Dewi Hayati, 2016)

KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KEBIASAAN BERTANYA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO (Ekawati, 2018)

KETERKAITAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Asmareni, 2014)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MTSN KUTA BARO (HERLI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy