//

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR PADA KAWASAN PASAR PEUNAYONG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN W.R. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Ofansha - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
TRAFFIC CONTROL - ENGINEERING
PARKING FACILITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Jalan W.R. Supratman merupakan salah satu jalan kolektor yang mempunyai peranan penting dalam mendukung perkembangan sektor perdagangan dan jasa di Kota Banda Aceh. Namun, penggunaan ruang di kawasan perdagangan tidak sesuai dengan peruntukannya, sehingga menimbulkan hambatan bagi arus lalu lintas dan mengurangi kapasitas ruas jalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah aktivitas pasar sangat berpengaruh terhadap tingkat pelayanan jalan di Jalan W.R. Supratman dan bagaimana skenario penanganan kemacetan yang terjadi pada ruas Jalan tersebut. Analisis tingkat pelayanan jalan ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Data yang dibutuhkan yaitu volume lalu-lintas, hambatan samping, waktu tempuh, dan geometrik jalan. Data sekunder berupa jumlah penduduk dan lokasi penelitian yang didapat dari instansi terkait. Berdasarkan pengumpulan dan pengolahan data, didapat volume puncak terjadi di hari Senin, 17 Oktober 2016 pada pukul 07.00- 08.00 WIB sebesar 2080 smp/jam dengan kelas hambatan samping sangat tinggi (1021 kej/jam). Kecepatan tempuh aktual pada kondisi eksisting 13,55 km/jam dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,97. Nilai DS yang diperoleh > 0,75; ini membuktikan kinerja jalan memiliki masalah yang disebabkan adanya aktivitas pasar dikawasan tersebut. Analisis dengan skenario penataan ulang on-street parking didapat DS sebesar 0,58 dan ini membuktikan kinerja jalan menjadi lebih baik. Penerapan skenario off-street parking diperoleh DS sebesar 0,53. Hal ini membuktikan penerapan salah satu dari dua skenario tersebut menghasilkan kinerja jalan yang baik, namun penerapan pelarangan parkir (off-street parking) merupakan pilihan terbaik, karena menghasilkan nilai DS yang lebih kecil dari penataan ulang on street parking (0,53 < 0,58).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR PADA KAWASAN PASAR PEUNAYONG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN W.R. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH (Riza Ofansha, 2016)

STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN W.R. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH (Aulya Akbar, 2017)

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Nur Wahida, 2018)

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR PADA KAWASAN PASAR NEUSU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (Daria Yuni, 2017)

EVALUASI PERMINTAAN DAN PERMASALAHAN PARKIR (STUDI KASUS PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH) (Hilma Erliana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy