//

DESAIN SISTEM UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY DC BERDAYA RENDAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizky Maulanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan suatu perangkat yang menggunakan baterai sebagai backup energi listrik sementara. Pemadaman listrik terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan perangkat elektronik padam dan dapat menyebabkan kerusakan. Penggunaan UPS sebagai peralatan penyedia energi listrik cadangan sangat penting untuk perangkat elektronik yang tidak boleh padam walaupun sesaat. UPS untuk beban rendah yang ada saat ini hanya membackup satu perangkat dengan daya yang kecil, sehingga tidak dapat menangani beberapa perangkat sekaligus. Untuk mengatasi masalah ini didesain suatu UPS yang memiliki sistem yang lebih handal sehingga dapat menangani beberapa perangkat penting yang tidak boleh padam seperti Router, Fingerprint dan sebagainya yang mengkonsumsi energi listrik rendah. Desain UPS DC berdaya rendah ini menggunakan ArduinoUno sebagai pengendali dengan sensor arus ACS712 juga sensor tegangan untuk membaca arus dari sumber PLN dan membaca tegangan baterai, serta relai sebagai pemindah dari sumber listrik PLN ke baterai. Desain UPS pada penelitian ini memiliki output 6VDC dengan arus maksimal 3 Ampere, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengbackup beberapa perangkat elektronik guna kontinuitas penyuplaian energi listrik apabila terjadi pemadaman listrik. Melalui prototipe UPS DC berdaya rendah ini perangkat elektronik berdaya rendah seperti router, finggerprint dan sebagainya dapat tersuplai energi listrik selama beberapa saat tanpa terjadi pemutusan hingga sumber listrik dari PLN mengalir kembali. Kata Kunci : Uninterruptible Power Supply, ArduinoUno, Sensor Arus ACS712, Sensor tegangan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRARANCANGAN PABRIK SOYGURT BERKULTUR LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS DAN BIFIDOBAKTERIUM DENGAN KAPASITAS 1500 TON/TAHUN (Hamdani, 2017)

PRARANCANGAN PABRIK SOYGURT BERKULTUR LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS DAN BIFIDOBAKTERIUM DENGAN KAPASITAS 1500 TON/TAHUN (Zulvan, 2017)

ANALISIS PERBEDAAN NILAI SUPPLY OVERBURDEN DARI TRUCK DAN PIT CRUSHING AND CONVEYING (PCC) PADA PIT SOUTH TUTUPAN PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2016 DI PT. ADARO INDONESIA, KALIMANTAN SELATAN (T. Raja Istiqhafar S, 2017)

PRARANCANGAN PABRIK BIOETANOL DARI PELEPAH SAWIT DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 60.000 TON/TAHUN (Ayu Nova Rida, 2016)

PEMBUATAN POWER BANK BERDAYA TINGGI SEBAGAI SUMBER DAYA ALTERNATIF AMPLIFIER (Sitrah Tunur, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy