//

DAMPAK KEMACETAN TERHADAP SOSIAL EKONOMI PENGGUNA JALAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Dampak Kemacetan Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan di Kota Banda Aceh Nama : Rahmat Hidayat Nim : 1201101010105 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/EkonomiPembangunan Dosen Pembimbing : Diana Sapha A H, S.E, M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sosial ekonomi yang dirasakan pengguna jalan dan mengestimasi besarnya kerugian pengguna jalan akibat kemacetan dilihat dari nilai kompensasi (WTA) yang bersedia mereka terima. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 70 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Random Sampling. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata WTA terhadap kemacetan yang diekspresikan responden untuk kendaraan roda empat (mobil) adalah Rp 64.062,5 dan Rp 61.000 untuk kendaraan roda dua (motor). Berdasarkan penelitian ini sebaiknya pemerintah Kota Banda Aceh membuat suatu kebijakan yang bisa mengurai kemacetan, yaitu dengan cara pembatasan jumlah kendaraan pribadi diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan transportasi publik, misalnya: peningkatan biaya kepemilikan pajak kendaraan bermotor. Selain itu, Pemerintah juga harus membuat perencanaan tata kota yang disesuaikan dengan kepadatan aktivitas kota Banda Aceh. Kata Kunci : Kemacetan, Willingness to Accept (WTA).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK KEMACETAN TERHADAP SOSIAL EKONOMI PENGGUNA JALAN DI KOTA BANDA ACEH (Rahmat Hidayat, 2016)

ANALISIS KEMACETAN DI KOTA BANDA ACEH (RINA ZAHARA, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (FIRZA HADAMI, 2016)

PARKIR ILEGAL DI TEPI JALAN KOTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP SOCIAL COSTS DAN ECONOMIC COSTS (STUDI KASUS : KOTA BANDA ACEH) (RINA RINANDA, 2017)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy