//

RESPONS BEBERAPA VARIETAS KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX (L.) MERRILL) PADA CEKAMAN SALINITAS TERHADAP VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munanzar Noorman - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Munanzar Noorman : “Respons Beberapa Varietas Kedelai Hitam (Glycine max (L.) Merrill) pada Cekaman Salinitas terhadap Vigor Kekuatan Tumbuh Benih” di bawah bimbingan Halimursyadah sebagai pembimbing utama dan Hasanuddin sebagai pembimbing anggota Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui vigor kekuatan tumbuh benih varietas kedelai hitam pada kondisi cekaman salinitas menggunakan beberapa konsentrasi NaCl, serta interaksi antara varietas kedelai hitam dan konsentrasi NaCl. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2016 berlokasi di Laboratorium Teknologi dan Industri Benih, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 4x6 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti terdiri dari faktor varietas kedelai hitam yaitu varietas Detam 1 dengan rata-rata daya berkecambah awal 86,66%, varietas Detam 2 (98,66%), varietas Mutiara 2 (94,66%), varietas Mutiara 3 (90,66%) dan cekaman salinitas dengan menggunakan konsentrasi NaCl yaitu NaCl 0 g L-1, NaCl 2 g L-1, NaCl 4 g L-1, NaCl 6 g L-1, NaCl 8 g L-1 dan NaCl 10 g L-1. Pengujian dilakukan dengan mengecambahkan benih pada media kertas (stencil) dengan menggunakan metode Uji Kertas Digulung Didirikan dalam plastik (UKDdp). Tolok ukur yang diamati dalam penelitian ini meliputi: potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, indeks vigor, kecepatan tumbuh relatif, keserempakan tumbuh, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 50% perkecambahan, panjang akar primer kecambah normal dan berat kering kecambah normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tolok ukur potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, kecepatan tumbuh relatif, keserempakan tumbuh, panjang akar primer kecambah normal, berat kering kecambah normal dan berpengaruh tidak nyata terhadap indeks vigor dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 50% perkecambahan. Perlakuan konsentrasi NaCl berpengaruh sangat nyata terhadap tolok ukur potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, indeks vigor, kecepatan tumbuh relatif, keserempakan tumbuh, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 50% perkecambahan, panjang akar primer kecambah normal dan berat kering kecambah normal. Terdapat interaksi sangat nyata antara varietas dengan konsentrasi NaCl terhadap tolok ukur potensi tumbuh maksimum, panjang akar primer kecambah normal dan berat kering kecambah normal. Hasil penelitian menunjukkan kedelai hitam varietas Detam 2 merupakan varietas yang paling toleran terhadap cekaman salinitas. Konsentrasi NaCl 2 g L-1 telah menunjukkan pengaruh terhadap perkecambhaan benih kedelai. Interaksi antara varietas Detam 2 dengan konsentrasi NaCl 6 g L-1 menjadi interaksi terbaik pada penelitian ini, karena Detam 2 masih mampu mentolerir cekaman salinitas hingga konsentrasi NaCl 6 g L-1.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN POLYETHYLENE GLYCOL (PEG) 6000 UNTUK MENGETAHUI VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX (L.) MERRILL) PADA KONDISI KEKERINGAN (Khairani Z., 2016)

PENGARUH UKURAN BENIH TERHADAP PRODUKSI, VIABILITAS DAN VIGOR DARI DUA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX [L.] MERRILL) (Al-Asrar, 2013)

UJI VIABILITAS DAN VIGOR TUMBUH BEBERAPA VARIETAS BENIH KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) PADA CEKAMAN SALINITAS (Melika Bosniana, 2018)

VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH BEBERAPA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L.MERRIL) YANG DIPRODUKSI PADA BERBAGAI TINGKAT NAUNGAN (REZA ALFIAN MUKTI, 2016)

PENGUJIAN MODEL SIMULASI VIGOR KEKUATAN TUMBUH DUA VARIETAS BENIH KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRIL) PADA KONDISI MEDIA TUMBUH SALINITAS TINGGI (Agamna Rahmat, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy