//

HUBUNGAN EOSINOPENIA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dhanang Ali Yafi - Personal Name
SubjectPNEUMONIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Sepsis merupakan penyakit infeksi dengan angka mortalitas yang masih tinggi pada pasien kritis. Selain prokalsitonin, eosinopenia dapat menjadi prediktor kematian pada pasien sepsis. Pemeriksaan jumlah eosinofil yang lebih cepat, mudah dan murah dibandingkan prokalsitonin dapat menjadi alternatif untuk mengetahui prognosis pasien sepsis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara eosinopenia terhadap mortalitas sepsis. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cohort retrospektif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dan didapatkan 42 pasien yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu eosinopenia dan tidak eosinopenia. Analisis data menggunakan uji Chi-square dengan confidence interval 95%. Data diperoleh melalui buku rekam medis pasien dan diikuti perkembangannya dari hari pertama sepsis sampai dengan hari terakhir perawatan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara eosinopenia dan mortalitas pasien sepsis (p=0,030). Pasien sepsis yang mengalami eosinopenia beresiko untuk mengalami kematian sebesar 4,06 kali dibandingkan dengan yang tidak mengalami eosinopenia (RR=4,06). Kata kunci : Sepsis, Eosinopenia, Mortalitas, Kematian

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PADA PASIEN SEPSIS (Dr. Imelda, 2019)

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maulina Debbyousha, 2015)

PENINGKATAN PROCALCITONIN UNTUK MENILAI DERAJAT SEPSIS PADA PASIEN PNEUMONIA (Wachyoe Hadi Saputra, 2014)

HUBUNGAN PROTEINURIA DENGAN MORTALITAS SEPSIS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOLA SAPRIYELNA ANAS, 2017)

ANALISA KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (TRISIA WELNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy