//

PENGARUH KOMPETENSI, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 14 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sukmawati - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHER QUALIFICATIONS
PRESTASI BELAJAR
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 14 KOTA BANDA ACEH Oleh : Sukmawati NIM : 1409200050043 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Prestasi belajar siswa sangat tergantung pada kompetensi dan motivasi kerja guru yang tinggi serta keterlibatan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kompetensi dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 14 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Adapun yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang bertugas pada SMP Negeri 14 Kota Banda Aceh dengan total sampel sebanyak 36 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linier berganda diperoleh Y = 2,227 + 0,172x1 + 0,264x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompetensi guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 14 Kota Banda Aceh dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,172, secara parsial variabel motivasi kerja guru juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 14 Kota Banda Aceh dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.264 dan hasil pengujian secara simultan juga menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan motivasi kerja guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 14 Kota Banda Aceh dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,815, sedangkan Ftabel pada tingkat signifikansi  = 5 % adalah sebesar 3,284. Hasil ini diperoleh berdasarkan perhitungan uji statistik Fhitung menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, dengan tingkat probabilitas 0.000 dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi Kerja Guru, dan Prestasi Belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI KINERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (NILAWATI, 2016)

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA RNGUGUS II SD KECAMATAN KEBAYAKANRNKABUPATEN ACEH TENGAH (Fatmasari, 2014)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 10 BANDA ACEH (Riska Mulyani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy