//

ADAPTASI MAHASISWA PATTANI DI KOTA BANDA ACEH DALAM UPAYA MENGHADAPI CULTURE SHOCK (STUDI PADA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arief Fadhillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ADAPTASI MAHASISWA PATTANI DI KOTA BANDA ACEH DALAM UPAYA MENGHADAPI CULTURE SHOCK (STUDI PADA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA) ABSTRAK Mahasiswa Pattani yang menempuh pendidikan di Kota Banda Aceh mengalami culture shock akibat adanya perbedaan budaya. Untuk mengatasi culture shock, mereka melakukan adaptasi dengan budaya yang berlaku di Kota Banda Aceh. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa Pattani ini merupakan obyek yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat mereka tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Kota Banda Aceh, untuk mengetahui gejala dan bentuk culture shock yang dialami oleh mahasiswa Pattani serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah subjek sebanyak sepuluh orang mahasiswa asal Pattani yang tinggal dan kuliah di Kota Banda Aceh serta tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Pattani Indonesia (PMIPI) Banda Aceh. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan subjek mengalami gejala culture shock yang ditandai dengan adanya perasaan cemas, khawatir, merasa terisolasi, adanya penurunan kinerja, ketidakberdayaan, adanya permasalahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi, serta timbulnya rasa rindu kepada kampung halaman. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh para mahasiswa asal Pattani tersebut ialah dengan cara bergaul dengan sesama mahasiswa Pattani untuk mengurangi ketidaknyamanan terhadap budaya baru serta untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi. Selain itu cara adaptasi yang dilakukan adalah dengan cara berinteraksi dan mengikuti kebiasaan masyarakat setempat. Kata Kunci: adaptasi, mahasiswa Pattani, culture shock.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK (STUDI PADA MAHASISWA ASING DARMASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NUR ALAWIYAH, 2018)

STRATEGI ADAPTASI TERHADAP CULTURE SHOCK PADARNMAHASISWA PAPUAYANG MENEMPUH PENDIDIKAN RNDI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Gina Sonia Sihombing, 2015)

CULTURE SHOCK MAHASISWA PENDATANG TENTANG PENERAPAN SYARI’AT ISLAM DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA ASAL SUMATERA UTARA) (Nebri R A Sarira, 2016)

CULTURE SHOCK DALAM KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG TERGABUNG DALAM IKATAN PELAJAR MAHASISWA MINANG BANDA ACEH) (Marisa Putri Hardani, 2014)

FENOMENA REVERSE CULTURE SHOCK PADA MAHASISWA ACEH YANG PERNAH TINGGAL SEMENTARA DI LUAR NEGERI (Pocut Shaliha Finzia Panglima Polem, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy