//

STUDI MORFOLOGI SERBUK SARI ENAM ANGGOTA FAMILIA RUBIACEAE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Zahrina. 2016. Studi Morfologi Serbuk Sari Enam Anggota Familia Rubiaceae. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Hasanuddin, M. Si. (2) Wardiah, S. Pd., M. Bio Kata Kunci : serbuk sari, morfologi, Rubiaceae Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi serbuk sari enam anggota familia Rubiaceae. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah non-ekperimental dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode asetolisis. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk sari enam anggota Rubiaceae semuanya memiliki unit bertipe monad. Bentuk serbuk sari digolongkan ke dalam bentuk prolate spheroidal, subprolate, dan prolate. Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan rumput mutiara (Hedyotis corymbosa L.Lamk) termasuk dalam bentuk prolate spheroidal. Asoka (Ixora paludosa Kurz.), kaca piring (Gardenia augusta Merr.), dan nusa indah (Mussaenda frondosa L.) termasuk dalam bentuk subprolate. Kopi (Coffea arabica L.) termasuk dalam bentuk prolate. Ukuran serbuk sari digolongkan ke dalam ukuran perminuta dan minuta-. Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa L.Lamk.), kopi (Coffea arabica L.), dan asoka (Ixora paludosa Kurz.) termasuk ke dalam ukuran perminuta. Mengkudu (Morinda citrifolia L.), kaca piring (Gardenia augusta Merr.), dan nusa indah (Mussaenda frondosa L.) termasuk dalam ukuran minuta-. Tipe apertura digolongkan ke dalam tipe inapertura, tricolporate, dan monocolpate. Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa L.Lamk.) termasuk dalam tipe inapertura. Kopi (Coffea arabica L.), asoka (Ixora paludosa Kurz.), mengkudu (Morinda citrifolia L.), dan kaca piring (Gardenia augusta Merr.) termasuk dalam tipe tricolporate. Nusa indah (Mussaenda frondosa L.) termasuk dalam tipe monocolpate. Tipe skulptur atau ornamentasi eksin digolongkan dalam tipe skabrat dan retikulate. Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan kopi (Coffea arabica L.) termasuk dalam tipe skabrat. Kaca piring (Gardenia augusta Merr.), nusa indah (Mussaenda frondosa L.), rumput mutiara (Hedyotis corymbosa L.Lamk.), dan asoka (Ixora paludosa Kurz.) termasuk dalam tipe retikulate. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa unit serbuk sari keenam anggota familia Rubiaceae memiliki tipe yang sama, yaitu monad. Bentuk, ukuran, apertura dan skulptur serbuk sarinya bervariasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MORFOLOGI SERBUK SARI YANG TERKANDUNG PADA MADU YANG DIPERDAGANGKAN DI KOTA BANDA ACEH, INDONESIA DAN KOTA ZAGREB, KROASIA (Tifany Chairunisa, 2016)

UJI KEMATANGAN SERBUK SARI DAN KEPALA PUTIK PADA TANAMAN LILI HUJAN (ZEPHYRANTHES CANDIDA (LIND.) HERB.) (Aminah, 2018)

HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK TUJUH ANGGOTA FAMILIA APOCYNACEAE (RAHMAWATI, 2016)

KANDUNGAN PROTEIN DAN TINGKAT KESUKAAN TEMPE YANG TERBUAT DARI ANGGOTA FAMILIA FABACEAE (WINDA YURSILLA, 2015)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KADMIUM (II) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Kana Puspita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy