//

AKTIVITAS ANTIHIPERGLIKEMIA EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA (SHEFF) BOERL.) PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR YANG DIINDUKSI ALLOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Indini - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ekstrak etanol daging buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Sheff) Boerl.) diduga mempunyai efek hipoglikemia karena mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, tannin, fenol, dan steroid/triterpenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antihiperglikemia ekstrak etanol daging buah mahkota dewa pada tikus putih (Rattus norvegicus) strain wistar yang diinduksi dengan alloksan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan pretest posttest with control group design. Penelitian ini menggunakan tikus putih jantan strain wistar sebanyak 30 ekor yang dibagi ke dalam 5 kelompok secara acak. Kelompok KN (kontrol negatif) diberi aquadest; KP (kontrol positif) diberi sitagliptin dengan dosis 1,8 mg/200 gBB; P1, P2 dan P3 diberi ekstrak etanol daging buah mahkota dewa dengan dosis 110 mg/200 gBB; 220 mg/200 gBB; dan 330 mg/200 gBB. Pengukuran kadar gula darah pretest dilakukan pada hari ke-15 penelitian dan posttest dilakukan pada hari ke-21 penelitian. Data yang diperoleh pada pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji ANOVA dan didapatkan adanya perbedaan nyata (p < 0,05) antar kelompok perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji lanjutan LSD dan didapatkan adanya perbedaan nyata (p < 0,05) antara kelompok KN dengan KP, P1, P2 dan P3 namun tidak ada perbedaan yang nyata (p > 0,05) pada kelompok KP dengan P1, P2 dan P3. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian ekstrak etanol daging buah mahkota dewa dapat menurunkan kadar gula darah tikus putih strain wistar yang diinduksi dengan alloksan. Kata Kunci: Phaleria macrocarpa (Sheff) Boerl.), Rattus norvegicus, Diabetes Mellitus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN MAHKOTA DEWA(PHALERIA MACROCARPA (SCHEFF) BOERL) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (MUHAMMAD FAISAL ARIF HARAHAP, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA (SCHEFF) BOERL.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (dian novita, 2015)

PENGARUHEKSTRAK BUAH MAHKOTADEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAPPERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (DEASY FADHILLAH HASIBUAN, 2016)

PENGARUH EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) (Cut Fajrina, 2014)

KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS SETELAH DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) (Elsa Suarni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy