//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PEKERJAAN IBU SERTA DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dayu Pila Fita. Idla - Personal Name

Abstrak/Catatan

ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberikan makanan pendamping ASI sampai bayi usia 6 bulan. Banyak faktor yang mempengaruhi pemberian ASI antara lain umur, pendidikan, pengetahuan, pekerjaan, dukungan keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan pekerjaan ibu serta dukungan keluarga dalam pemberian ASI Eksklusif. Metode penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan desain cross sectional dari tanggal 1 sampai dengan 25 September 2016, responden berjumlah 40 orang ibu. Hasil penelitian menunjukkan ibu yang memberi ASI Eksklusif sebanyak 60%. Pengetahuan ibu Baik 82,5%. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebanyak 77,5%. Dukungan keluarga yang mendukung 62,5%. Hasil analisis data pengetahuan ibu diperoleh p value 0,006 dan nilai r sebesar 0,430, dukungan keluarga diperoleh p value 0,000 dan nilai r sebesar 0,843. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan ibu dan dukungan keluarga dengan pemberian ASI Eksklusif. Pekerjaan ibu diperoleh p value 0,765 dan nilai r sebesar 0,049 menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif. Dapat di simpulkan bahwa , terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan kekuatan hubungan sedang dan dukungan keluarga dengan kekuatan hubungan sangat kuat sedangkan pekerjaan ibu tidak berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif. Kata kunci: Pengetahuan, pekerjaan, dukungan keluarga, ASI Eksklusif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERAN KELUARGA, TRADISI, DAN KEPERCAYAAN DI PUSKESMAS ULEE KARENG (NOVILIA CRUSTIVERA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN PROMOSI IKLAN SUSU FORMULA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BAITUSSALAM ACEH BESAR (Emi Puspita Sari, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI PADA BAYI 0 - 6 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (ANIS AMINAL, 2016)

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESARRNRNBLANG BINTANG ACEH BESAR (zulfahlayya, 2014)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUANRNDAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ASI EKSKLUSIFRNDI WILAYAH KERJA PUSKESMASRNKRUENG BARONA JAYARNACEH BESAR TAHUN 2014 (Nina Marlina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy