//

HUBUNGAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KOMPOSISI TUBUH MAHASISWA OVERWEIGHT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISNA MAGFIRAH KHAERA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Obesitas di seluruh dunia telah menjadi lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1980. Pada tahun 2014, orang dewasa di seluruh dunia mengalami overweight sebanyak 39% dan 13% mengalami obesitas. Obesitas disebabkan karena akumulasi lemak berlebihan yang dapat meningkatkan massa lemak tubuh yang merupakan bagian dari komponen komposisi tubuh. Akumulasi lemak berlebih dapat diakibatkan karena asupan makronutrien yang tidak sesuai dengan kebutuhan maupun karena aktivitas fisik yang rendah. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang memiliki indeks massa tubuh overweight. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling dan didapatkan sebanyak 41 responden. Responden diwawancara dengan kuesioner food recall 2x24 jam untuk menentukan jumlah asupan makronutrien dan kuesioner GPAQ untuk menentukan jenis aktivitas fisik. Hasil penelitian persentase massa lemak memiliki nilai tengah 31,8% dengan nilai minimal 19% dan nilai maksimal 34,4%. Massa bebas lemak nilai tengah 68% dengan nilai minimal 61,3% dan nilai maksimal 81%. Dengan melakukan uji Spearman, didapatkan hasil tidak ada korelasi antara asupan makronutrien dengan komposisi tubuh. Dengan menggunakan uji Kruskal Wallis didapatkan nilai sig = 0,001 yang menandakan bahwa tingkat aktivitas fisik mempengaruhi komposisi tubuh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNSYIAH (indriazel syaputri, 2014)

HUBUNGAN RIWAYAT KELUARGA, KONSUMSI SERAT DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DERAJAT OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIAN NANDA PUTRA, 2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI, AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM BANDA ACEH (Thifla Farhani, 2015)

HUBUNGAN BERAT BADAN LEBIH (OVERWEIGHT) DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ferlijan Abdima, 2018)

HUBUNGAN BODY IMAGE TERHADAP STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK PADA SISWA SISWI DI SMA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR. (Cut Nabela Maracilu, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy