//

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENTRUASI DI MTSN 1 INDRAPURI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nia Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Menstrual hygiene merupakan kondisi dan praktik untuk mempertahankan kesehatan, mencegah terjadinya penyebaran penyakit, meningkatkan derajat kesehatan individu, dan meningkatkan kepercayaan diri terutama saat menstruasi. Pengetahuan mengenai menstrual hygiene sangat diperlukan oleh setiap perempuan terutama remaja putri karena pengetahuan yang dimiliki tersebut bisa mempengaruhi perilaku remaja putri saat menstruasi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional, yang dilakukan terhadap 126 remaja putri di MTsN 1 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Hasil pengamatan dianalisa menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 126 responden terdapat 63 responden (76,8%) yang memiliki pengetahuan tinggi tentang menstrual hygiene dengan perilaku baik saat menstruasi, dan 42 responden (95,5%) yang memiliki pengetahuan sedang tentang menstrual hygiene dengan perilaku buruk saat menstruasi. Berdasarkan statistik terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000) antara tingkat pengetahuan remaja putri tentang menstrual hygiene dengan perilaku remaja putri saat menstruasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang menstrual hygiene mempengaruhi perilaku saat menstruasi. Kata Kunci : menstrual hygiene, pengetahuan, perilaku saat mentruasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PENCEGAHAN FLOUR ALBOUS PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 5 BANDA ACEH 2014 (Herma Desiyanti, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DENGAN UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI DI PESANTREN DARUL IMARAH ACEH BESAR (RISKA PHONNA, 2018)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH DAN PANTI SOS DESA TARUNA KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Melisa, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy