//

PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO DENGAN EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang kemala sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kemala Sari. 2016. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Aktif The Power of Two dengan Everyone is Teacher Here untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Khairil, M. Si., (2) Dra. Asiah MD, M.P Kata kunci: The power of two, everyone is teacher here, hasil belajar Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran aktif the power of two dengan everyone is teacher here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk desain eksperimen pada peneltitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 20 Agustus 2016. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 masing-masing berjumlah 29 siswa. Kelas VIII-1 dengan perlakuan model the power of two dan VIII-2 dengan perlakuan model everyone is teacher here. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan perangkat tes objektif sebanyak 25 item dengan empat alternatif jawaban. Pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) pada kedua kelas eksperimen. Hasil uji t N-Gain pada α 0,05 pada kedua kelas tersebut diperoleh thitung sebesar 2,46 sedangkan ttabel 1,68 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran aktif the power of two dengan model pembelajaran aktif everyone is teacher here. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran aktif the power of two dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran aktif everyone is teacher here pada materi sistem gerak pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. (Ira Regar, 2017)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Maisal Jannah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ( SQ4R) DENGAN CONCEPT MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA N 16 BANDA ACEH (Arhama Zakaria Kumba, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Maida Rindi, 2017)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIPADU MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA N 5 BANDA ACEH (Resva Diany, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy