//

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Ruvina Hakim - Personal Name
SubjectHUMAN RESOURCE MANAGEMENT
HUMAN RESOURCE DELELOPMENT
EMPLOYEE DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN ACEH Oleh : Cut Ruvina Hakim NIM : 1109200050012 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Pengembangan sumber daya manusia menunjukkan suatu upaya yang disengaja dengan tujuan mengubah perilaku anggota organisasi dalam meningkatkan kemampuan organisasi untuk berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan program pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan sumber daya manusia, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia serta tindak lanjut dari kegiatan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan perilaku kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Dinas, Sekretaris, Para Kepala Bidang, Kasubbag. Kepegawaian dan Tata Laksana serta pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penyusunan program pengembangan sumber daya manusia pada Dinas Pendidikan Aceh dilaksanakan melalui proses analisis kebutuhan pada setiap bidang yang diajukan kepada Bidang Program dan Pelaporan melalui Subbag. Kepegawaian dan Tata Laksana; (2) Strategi pengembangan sumber daya manusia pada Dinas Pendidikan Aceh, dilakukan dalam rangka melaksanakan pengembangan pegawai yang mengarah kepada diklat-diklat teknis pekerjaan, diklat tentang dasar tupoksi dan diklat dasar-dasar kependidikan, sehingga langsung tepat kepada sasaran program; (3) Faktor pendukung pengembangan sumber daya manusia pada Dinas Pendidikan Aceh: jumlah personil dan tingkat pendidikan, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah: dari dalam individu pegawai itu sendiri yaitu: kurang motivasi dan kurang disiplin, terbatasnya sarana dan prasaranan teknologi dan sistem penempatan pegawai yang belum melihat pada kelebihan dan kekurangan pegawai; dan (4) Tindak lanjut dari kegiatan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan perilaku kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh masih kurang efektif. Hal ini terkait dengan proses rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan masih belum berdasarkan dari hasil pengembangan yang dilakukan terhadap pegawai Dinas Pendidikan Aceh. Kata Kunci: Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Perilaku Kerja.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN DAN KETEPATWAKTUAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH (Rizki Nurdiansyah, 2017)

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN ACEH (Cut Ruvina Hakim, 2016)

PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KINERJA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN ACEH BARAT (SITI HAJAR, 2017)

PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TAMIANG) (RISA MAULINA, 2016)

PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI STUDI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) DI KOTA BANDA ACEH (Harum Nazra Fazini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy