//

PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Yunisari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini didasari pada rendahnya kecerdasan naturalis masyarakat saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Hal ini dilihat dari kurangnya kesadaran dalam menjaga lingkungannya. Maraknya penebangan hutan secara liar, pembakaran hutan, pemburuan hewan dan masih banyaknya yang membuang sampah sembarangan. Pada anak usia dini terlihat cenderung membuang sampah sembarangan dan menangkap hewan kecil untuk dibunuh dan dianiaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan Naturalis anak di sentra bahan alam dan untuk mengetahui respon anak dalam pengembangan kecerdasan naturalis di sentra bahan alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalan dua siklus. pada setiap siklus melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 di PAUD Terpadu Dharma Wanita yang berjumlah 17 anak terdiri atas 10 perempuan dan tujuh laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran disentra bahan alam dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Pada siklus I, tiga orang anak berkembang sangat baik dan tujuh anak berkembang sesuai harapan yaitu 58,82%. Meningkat lagi pada siklus II, 10 anak berkembang sangat baik dan empat orang anak berkembang sesuai harapan yaitu 82,35%. Perbandingan pengembangan kecerdasan naturalis anak dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 23,53% dari hasil anak yang memperoleh bintang tiga atau bintang empat. Respon anak juga mengalami peningkatan dengan terlihatnya peningkatan baik dalam menjawab pertanyaan guru, mengemukakan pendapat dan 100% anak melakukan permainan di sentra bahan alam sesuai informasi yang diberikan guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran disentra bahan alam dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak pada PAUD Terpadu Dharma Wanita.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD IT ANEUK SHALEH CERIA DESA NEUHEUN KABUPATEN ACEH BESAR (Ratna Maulisa, 2016)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Siti Hawa, 2016)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN 3M DAN MELIPAT DI TK NEGERI DHARMA WANITA TEUNOM (Fitri, 2016)

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA TK BUNGA MEKAR KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (Winda Sari, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LABIRIN DI PAUD JANTONG HATEE MA KABUPATEN BIREUEN (Nanda Safira, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy