//

PERBANDINGAN FRAGMENTASI PELEDAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DAN IMAGE ANALISIS DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M Yudha Kurniawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK PT Semen Padang merupakan pabrik semen yang memiliki tambang batu kapur sebagai bahan utamanya yang terletak di Bukir Karang Putih, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, jaraknya sekitar 15 km di sebelah Timur Kota Padang. Penelitian ini menghitung nilai fragmentasi batuan hasil peledakan menggunakan metode Manual dan Split Desktop dengan cara mendelineasi foto batuan dari muck pile. Pengambilan sampel foto dilakukan secara acak tetapi yang dapat mewakili dari seluruh fragmen hasil satu peledakan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode perhitungan Manual lebih akurat dibandingkan dengan metode perhitungan Split Desktop. Hasil perhitungan fragmentasi batuan dengan metode Manual dan Split Desktop menunjukkan nilai yang cukup jauh seperti terlihat pada peledakan tanggal 20 Juli 2016 di Front 2 yang memiliki nilai terkecil dan peledakan tanggal 28 Juli 2016 di Front 2 yang memiliki nilai perbandingan terbesar hal ini dikarenakan pada saat perhitungan menggunakan Split Desktop masih banyak gambar hasil digitasi yang harus dikoreksi untuk mendapatkan ukuran yang sebenarnya. Dari hasil perhitungan fragmentasi menggunakan prediksi Kuz-Ram didapatkan hasil perhitungan distribusi fragmentasi usulan menggunakan rancangan geometri RL-Ash lebih baik dibandingkan dengan yang direncanakan perusahaan dengan perbandingan untuk ukuran fragmentasi ukuran 30 cm atau lebih yaitu 7,2 % untuk geometri usulan dan 15 % untuk geometri yang direncanakan perusahaan. Geometri usulan yang disarankan yaitu dengan menggunakan burden 5 meter, spasi 7,5 meter, kedalaman lubang 13,5 meter, dan panjang isian 9 meter dengan isian bahan peledak 14,986 kg/m. Kata Kunci: Fragmentasi, Perhitungan Manual dan Perhitungan Split Desktop, Geometri usulan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA ALAT CRUSHING PLANT PADA PENAMBANGAN LIMESTONE DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (Aidil Lian, 2017)

KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN PADA LAPISAN INTERBURDEN B2C UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI YANG OPTIMAL DI LOKASI MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Widya Citra, 2017)

EVALUASI DESAIN PELEDAKAN JENJANG UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI DAN BIAYA YANG OPTIMAL DENGAN TEKNIK DIGITAL IMAGE PROCESSING DAN KUZ-RAM MODEL (Titah Yaumil Rizki, 2017)

PERBANDINGAN METODE PENDEKATAN PREDIKSI KUZ-RAM MODEL DENGAN DIGITAL IMAGE ANALYSIS TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN (Bella Hazmelia, 2017)

VALIDASI DISTRIBUSI FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DENGAN METODE KUZ-RAM DAN SPLIT DESKTOP SOFTWARE PADA PT. LAFARGE HOLCIM, ACEH BESAR (Muhammad Chandra F, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy