//

PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG PADA PROSES GURDI MATERIAL KOMPOSIT SERAT SABUT KELAPA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Danar Wahyu Fiqi Ap - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proses gurdi adalah proses pemesinan yang paling sederhana di antara proses pemesinan yang lain. Gaya potong merupakan beberapa karakteristik kualitas yang kritis dari proses gurdi yang meliputi kecepatan spindel, kecepatan pemakanan, dan diameter pahat potong memiliki pengaruh terhadap ukuran kualitas tersebut. Oleh karena itu, suatu optimasi untuk mendapatkan gaya potong yang minimum. Penelitian ini dilakukan dengan proses gurdi pada material komposit serat sabut kelapa dengan memvariasikan parameter proses pemesinan yaitu, kecepatan spindel 1000, 3000, 5000 rpm, kecepatan pemakanan 75, 150, 225 mm/menit, dan diameter pahat potong 8, 10, 12 mm. Untuk mengetahui besarnya gaya yang terjadi pada setiap proses pemesinan tersebut diukur dengan mengunakan dynamometer kistler Type 9272 dan didapatkan gaya potong maksimum pada proses gurdi pada kecepatan spindel 1000 rpm, kecepatan pemakanan 225 mm/menit, dan diameter pahat potong 10 mm yaitu 25,5 N. Sedangkan gaya potong minimum terjadi pada proses gurdi pada kecepatan 3000 rpm, kecepatan pemakanan 75 mm/menit, dan diameter pahat potong 12 mm yaitu 3,49 N. Kata kunci : Gaya Potong, Material Komposit, Serat Sabut Kelapa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG PADA PROSES GURDI MATERIAL PAPAN KOMPOSIT SERAT BATANG PISANG ABACA (Masrur, 2016)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS PERMUKAAN BAHAN KOMPOSIT SERAT ALAM PADA MESIN SKRAP DAN MESIN FREIS (Syah Ranoswandi, 2013)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN PADA PROSES DRILLING UNTUK MATERIAL KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT KACA (balkia, 2013)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KERUSAKAN MATERIAL KOMPOSIT LAMINAT DENGAN PENGUAT SERAT KACA PADA PROSES DRILLING (Nur Kholis, 2014)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG MATERIAL KOMPOSIT LAMINAT DENGAN PENGUAT SERAT RUBEK (CALOTROPIS GIGANTEA) (Zumairi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy