//

HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN KEJADIAN ENURESIS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nur sulmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Enuresis merupakan pengosongan urin secara involunter saat tidur pada anak usia 5 tahun atau lebih, terjadi pada saat pengendalian kandung kemih diharapkan tercapai. Enuresis mempengaruhi kualitas hidup, psikologis dan perkembangan sosial anak. Gangguan tidur pada anak merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya enuresis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gangguan tidur dengan kejadian enuresis. Jenis penelitian ini adalah Observational Analitic dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Subjek penelitian ini adalah anak taman kanak-kanak di Kota Banda Aceh. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini didapatkan responden sebanyak 102 yang terdiri dari 59 (57,8%) laki-laki dan 43 (42,2%) perempuan. Anak yang mengalami gangguan tidur cenderung mengalami enuresis dengan p value 0,000 (

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN UMUR TOILET TRAINING DAN ASI EKSLUSIF TERHADAP KEJADIAN ENURESIS DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Racha Suhendra, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF, PARITAS DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TAMAN KANAK - KANAK FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH KOTA BANDA ACEH (Aznil Fajri, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017)

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018)

PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy