//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK DARI KENDARAAN BERMOTOR DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Akmal Andalia - Personal Name
SubjectINCOME TAX
MOTOR VEHICLES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK DARI KENDARAAN BERMOTOR DI PROVINSI ACEH OLEH : NURUL AKMAL ANDALIA NIM : 1409200010018 Pembimbing : 1. Prof. DR. Raja Masbar, M.Sc 2. DR.Muhammad Nasir, M.Si, MA ABSTRAK Penelitian ini membahas masalah pajak dari kendaraan bermotor di Provinsi Aceh dengan dua tujuan, yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian target penerimaannya serta menganalisis efektivitas penerimaan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB). Penelitian dilakukan di Kota Banda Aceh. Data yang digunakan adalah data time-series yang diperoleh dari instansi terkait. Analisis data secara kuantitatif mengunakan model regresi linier berganda (Multiple Linear Regression) dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least square, OLS) dan model rasio efektivitas. Variabel-variabel yang digunakan adalah pencapaian target penerimaan pajak (PTP) sebagai variabel terikat serta JRPKB (jumlah realisasi pajak kendaraan bermotor) dan JKB (jumlah kendaraan baru) sebagai variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JRPKB berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencapaian target penerimaan pajak dari kendaraan bermotor di Provinsi Aceh. Sedangkan rasio efektivitas menunjukkan bahwa sebanyak 21 bulan atau 87,5 persen penerimaan BBNKB memberikan hasil efektif dari target yang ditentukan. Sementara itu, efektivitas penerimaan PKB sebesar 62,5 persen. Secara keseluruhan 58,33 persen peneriman pajak dari kendaraan bermotor sudah efektif dan sisanya sebesar 41,67 persen belum efektif. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa semakin meningkatnya jumlah realisasi PKB maka terget penerimaan pajak dari kendaraan bermotor akan semakin tercapai dengan efektivitas realisasi yang semakin optimal. Oleh karena itu penulis berharap agar pemerintah terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyaman dalam pelayanan penerimaan pajak dari kendaraan bermotor sehingga wajib pajak akan terdorong untuk tetap taat pajak. Kata Kunci : Pajak Kendaraan Bermotor, Jumlah Kendaraan Baru, OLS, Rasio Efektivitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK KENDERAAN BERMOTOR TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI ACEH (Rahmatul Fitriya, 2017)

VARIABEL EKONOMI MAKRO YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI ACEH (Munawir, 2017)

VARIABEL EKONOMI MAKRO YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI ACEH (Munawir, 2017)

ANALISIS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBNKB) SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN PIDIE (RAKHMAD RINALDI WAHFAR, 2016)

METODE PENETAPAN DAN PENGHITUNGAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) (MUHAMMAD REZHA FAHLEVI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy