//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN CUPANG HIAS (BETTA SPLENDENS) DI KABUPATEN ACEH BESAR DAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Syukran - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, intensitas dan prevalensi ektoparasit pada ikan cupang hias (Betta splendens) di Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2016. Sampel ikan cupang diambil dari 10 petani ikan cupang di Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh. Metode yang digunakan deskriptif analitik, ikan cupang ditangkap dengan menggunakan serokan, dari hasil penelitian ditemukan 2 jenis ektoparasit, yaitu Dactylogyrus sp. dan Lernea sp.. Nilai prevalensi Dactylogyrus sp. tertinggi terdapat pada petani BA02, BA03, AB01 dan AB05 dengan nilai prevalensi 40%, dan nilai intensitas tertinggi terdapat pada petani BA05, AB03, dan AB05 dengan nilai intensitas 2 ind/ekor. Nilai prevalensi Lernea sp. tertinggi terdapat pada petani BA05, AB01, dan AB04 dengan nilai prevalensi 40%, dan nilai intensitas tertinggi terdapat pada petani AB01 dengan nilai intensitas 1,5 ind/ekor. Kata kunci : Identifikasi, ikan cupang, intensitas, dan prevalensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PARI (DASYATIS SP.) DI PASAR IKAN PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Arini Ulfa Khaira, 2016)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SPP.) DI TAMBAK BUDIDAYA IKAN DESA LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (Dessi Wildani, 2017)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (Mutia Lazita, 2014)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DI KABUPATEN ACEH BESAR (Corry Febrika, 2017)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) YANG DI BUDIDAYA SECARA MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KABUPATEN ACEH BESAR (Ismail, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy