//

PENERAPAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI SMAN 1 BAITUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Retno Wilujeng P D - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : ARCS, ketuntasan belajar, hidrokarbon, motivasi, minat Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi hidrokarbon ditinjau dari segi motivasi dan minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif model one group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Baitussalam yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, pemberian angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari pertemuan I sebesar 87%, pertemuan II sebesar 87,50%, hingga pertemuan III sebesar 89,16%. Berdasarkan hasil angket, motivasi siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 78,96% dan persentase minat siswa sebesar 82,37% tergolong baik sekali. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model ARCS memiliki ketuntasan sebesar 80,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model ARCS hasil belajar siswa cukup tinggi, motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran juga tergolong baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON DI SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Yuna dernisa, 2014)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Suci Damawiyah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (MAHARANI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN TANGGAPAN SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X-IA1 SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR (OFHI ZUQRAH HASIBUAN, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy