//

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA MAN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erlina - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHER CERTIFICATION

Abstrak/Catatan

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA MAN BEUREUNUEN KAPUBATEN PIDIE Oleh: Erlina Nim: 1409200050012 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Kinerja merupakan prestasi, hasil atau kemampuan yang dicapai dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Guru sertifikasi hendaknya mempunyai kinerja yang optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi atau surat keterangan sebagai pengakuan terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan setelah lulus uji kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru sertifikasi dalam pembelajaran, meliputi: kemampuan guru sertifikasi dalam pembelajaran, motivasi guru sertifikasi dalam pembelajaran, disiplin dan tanggung jawab guru sertifikasi dalam pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat guru sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil bidang kurikulum, pengawas dan guru sertifikasi di MAN Beureunuen Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru sertifikasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran meliputi: kemampuan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran masih kurang optimal, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: kurangnya pelatihan dan bimbingan secara kontinyu, masih rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan internet, dan faktor usia guru yang mendekati masa pensiun; (2) guru sertifikasi masih perlu meningkatkan motivasinya agar hasil pembelajaran lebih optimal, meskipun faktor sarana dan prasarana yang masih kurang memadai serta didukung oleh kepala madrasah sebagai motivator terbesar; (3) disiplin dan tanggugjawab guru sertifikasi sudah cukup tinggi, karena didukung oleh sistem fingerprint di jajaran Kantor Kementerian Agama juga pemberdayaan guru piket dimadrasah; (4) faktor pendukung guru sertifikasi dapat dijadikan sebagai peningkatan kinerja, sedangkan untuk faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana dan prasarana, adanya guru honor sehingga beban mengajar guru sertifikasi tidak tercukupi dan kesulitan dalam mencari jam tambahan mengajar di luar. Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikasi, dan Pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA MAN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Erlina, 2016)

KINERJA GURU SERTIFIKASI DI SMP NEGERI 2 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA. (Tarmizi, 2015)

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANRNMUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI SAMATIGARNKABUPATEN ACEH BARAT (SUMARNI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X MAN BEUREUNUEN (Sri Astuti Ningsih, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy