//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN DERAJAT DEPRESI PADA REMAJA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dira Witrya - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Remaja merupakan fase perkembangan yang amat potensial, baik dilihat dari aspek kognitif, emosional, maupun fisik. Kecerdasan emosional menjadi salah satu indikator dalam perkembangan fungsi mental individu sehingga penting diperhatikan pada masa remaja. Rendahnya kecerdasan emosional akan menyebabkan kesulitan dalam pengontrolan emosi sehingga individu rentan mengalami stres dan depresi, terutama pada remaja yang dipesantrenkan akibat tuntutan hidup mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan derajat depresi pada remaja kelas X dan XI yang dipesantrenkan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 176 responden. Data penelitian kecerdasan emosional diperoleh dari kuesioner kecerdasan emosional yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Goleman dan juga diadaptasi dari beberapa kuesioner kecerdasan emosional pada penelitian sebelumnya. Sedangkan untuk menilai derajat depresi menggunakan kuesioner BDI II yang sudah valid dan reliabel. Data selanjutnya dianalisis dengan uji statistik Spearman Correlation. Hasil analisa data diperoleh nilai signifikansi 0,000 (p≤0,005), menunjukkan kecerdasan emosional memiliki keeratan dengan variabel derajat depresi dengan r hitung pada rank correlation bernilai -0,372. Kata kunci: kecerdasan emosional, derajat depresi, remaja yang dipesantrenkan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Meilisa Andriani, 2016)

HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF IBU PEKERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI GAMPONG PANGO RAYA KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Hossa Alfizar, 2016)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (Zulkarnaini, 2016)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU DELINKUEN PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013 (RUZWAR WAHYUDI, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Meta Novitarika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy