//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE EVENT OF INTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Nurita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran The Event of Intruction, Hasil Belajar Selama ini kurangnya keterlibatan siswa khususnya pada pelajaran fisika pada saat proses pembelajaran masih sering terjadi. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga menurunkan minat belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Sehingga yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran The Event of Intruction terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Event of Intruction terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas SMP Negeri 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 kelas VIII yang berjumlah 150 orang sedangkan sampelnya berjumlah 2 kelas VIII dengan jumlah siswa 41 orang yang diambil secara random sampling yaitu dengan cara undian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tes hasil belajar siswa dan dianalisis dengan menggunakan statistic uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran The Event of Intruction terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas SMP Negeri 8 Banda aceh. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (t) yang dilakukan penulis. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung≥ ttabel dengan nilai thitung = 1,86 dan ttabel = 1,70. Sehingga hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran The Event of Intruction lebih baik dari pada hasil belajar siswa pada kelas yang tanpa menggunakan model pembelajaran The Event of Intruction.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Reraliza Ulika Aulia, 2015)

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Ida Hayati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN KONVENSIONAL PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (MAULINA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Novita Angraini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy