//

KONVERGENSI PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yenny Ertika - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konvergensi pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Aceh sebelum dan sesudah tsunami, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data sekunder kabupaten/kota (cross section) dan antar waktu (time series) dengan rentang waktu tahun 1995-2014 (jumlah sampel 19 tahun). Model analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Untuk analisis ini, dikelompokkan pada sebelum tsunami (1995-2004), sesudah tsunami (2005-2014), dan keseluruhan 1995-2014). Hasil estimasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan terjadi divergensi pertumbuhan ekonomi dan signifikan secara statistik. Hasil ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, daerah ibukota propinsi yang mengalami perkembangan pembangunan relatif cepat dibandingkan dengan daerah lain sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan ekonomi lebih baik dari daerah lain. Kedua, Proses backwash effect terus terjadi sehingga daerah yang relatif maju terus berkembang sedangkan daerah lain mengalami perkembangan yang relatif rendah. Jumlah penduduk, penduduk bekerja dan pembentukan modal tetap bruto merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan tetapi bukan merupakan faktor yang memperkecil disparitas antar wilayah di daerah bekas tsunami. Perlu adanya peran pemerintah provinsi untuk lebih mendorong daerah-daerah yang masih menunjukkan kinerja ekonomi yang rendah dengan memformulasikan model alokasi belanja daerah untuk mengurangi ketimpangan antara daerah bekas tsunami.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DAN PERTUMBUHAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN BELANJA DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (SHARA AMELIA PUTRI, 2018)

KONVERGENSI PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR PROVINSI DI PULAU SUMATERA (Zulfahmi Putra, 2016)

ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH ACEH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI ACEH SETELAH TSUNAMI (Hewi Susanti, 2016)

ANALISIS PENGARUH PAD, DAK, DAN DAU TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Kartika Jannah, 2018)

DAMPAK OTONOMI KHUSUS TERHADAP KONVERGENSI PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL ACEH (T. ZULHAM, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy