//

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PROGRAM KHUSUS PADA SDLB NEGERI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lena Yanti Br. Pulungan - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PROGRAM KHUSUS PADA SDLB NEGERI BANDA ACEH Oleh : Lenayanti Br.Pulungan NIM : 1409200050025 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Pengembangan kompetensi profesional guru adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan untuk meningkatkan mutu hasil belajar melalui peningkatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penyusunan program pengembangan; (2) strategi pengembangan dan (3) faktor pendukung serta penghambat pengembangan kompetensi profesional guru program khusus pada SDLB Negeri Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, wakil kepala sekolah, ketua gugus, dan guru program khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan program dilakukan oleh kepala sekolah, bersama wakil kepala sekolah dan beberapa guru program khusus melalui rapat kerja pada awal tahun ajaran baru; (2) Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu mengadakan in house training, mengirim guru untuk mengikuti diklat ke lembaga penyelenggara pelatihan, di tingkat daerah, dan nasional, serta memberikan peluang bagi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; dan (3) Faktor pendukungnya adalah: (a) Guru yang mengikuti program pengembangan sudah sesuai dengan kebutuhan dan relevan dengan kompetensi yang ada; (b) Banyaknya program pelatihan yang diselenggarakan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) Terbatasnya anggaran untuk melaksanakan in house training; (b) Program pelatihan belum mengakomodir semua jenis dan kekhususan yang ada; (c) Program pengembangan belum berkesinambungan; dan (d) Masih rendahnya tingkat penguasaan teknologi oleh guru program khusus. Kata kunci: Pengembangan, Kompetensi Profesional, dan Guru Program Khusus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA MADRASAH MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MIN GAROT KABUPATEN PIDIE (Suria Setiawan, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI UNGGUL MONTASIK (RIZA ROSITA, 2015)

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PRODUKTIF PADA SMK NEGERI BANDA ACEH (DEWIYULISNA, 2018)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy