//

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 DAN MA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eva Murtisal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. (2) Dr. Safrida, S.Pd, M.Si. ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Biologi dalam Pembelajaran berbasis Lesson Study terhadap Keterampilan Proses Sains Guru dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 di Kota Banda Aceh”. Telah dilakukan pada tanggal 6 Agustus sampai dengan 12 November 2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, keterampilan proses sains guru biologi dan motivasi belajar siswa melalui survey implementasi pembelajaran Lesson Study di SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian penerapan Lesson Study menggunakan metode deskriptif berfokus pada instrumen penelitian dan pengembangan produk perangkat pembelajaran. Analisis data untuk kompetensi pedagogik, keterampilan proses sains guru dan motivasi belajar siswa dengan persentase. Hasil penelitian terhadap kompetensi pedagogik guru biologi melalui pembelajaran Lesson Study SMA Negeri 11 Banda Aceh dan MAN 3 Banda Aceh berlangsung baik dengan nilai kompetensi pedagogik guru model SMA Negeri 11 Banda Aceh 99% (kategori sangat baik) dan guru model MAN 3 Banda Aceh 92% (kategori sangat baik). Keterampilan proses sains guru secara keseluruhan dikategorikan Amat Baik, dengan nilai 72 untuk guru model SMA Negeri 11 Banda Aceh dan nilai 67 untuk guru model MAN 3 Banda Aceh. Motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis lesson study secara keseluruhan siswa Kelas X IA3 SMA Negeri 11 Banda Aceh dikategorikan Baik dengan nilai 3,96 dan siswa Kelas X IA3 MA Negeri 3 Banda Aceh dikategorikan Baik dengan nilai 3,89. Kata kunci: kompetensi pedagogik, lesson study, keterampilan proses sains guru, dan motivasi belajar siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM MELALUI LESSON STUDY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA NEGERI 2 DAN MA NEGERI 2 DI KOTA BANDA ACEH (Vivi Yunisa Harahap, 2016)

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (ELLIZA, 2018)

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (RAHMADHANI, 2013)

PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI SMA DAN MA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI KOTA BANDA ACEH (Khadafi, 2015)

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR SISWA PADA SMAN 1LEUPUNGRNKABUPATEN ACEH BESAR (Rusnawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy