//

PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK ETANOL BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS) TERHADAP DAYA HAMBAT STAPHYLOCOCCUS AUREUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Hadi Wibowo Admaja - Personal Name

Abstrak/Catatan

Teuku Hadi Wibowo Atmaja : PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK ETANOL BUAH PALA (Myristica fragrans) TERHADAP DAYA HAMBAT Staphylococcus aureus ABSTRAK Penelitian telah dilakukan di Laboratorium Pendidikan Kimia dan Biologi pada FKIP Unsyiah untuk pembuatan ekstrak, uji fitokimia dan menguji aktifitas antibakteri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sumber ekstrak dari buah pala (daging buah, fuli dan biji pala) yang berpengaruh terhadap daya hambat Staphylococcus aureus, selain itu juga untuk mengetahui konsentrasi dari sumber ekstrak yang memiliki daya hambat terbaik terhadap Staphylococcus aureus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, mengguna kan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan empat ulangan. Peubah yang diamati adalah diameter daya hambat yang terbentuk. Data dianalisis mengunakan Analisis Varian (ANAVA) dan dilanjutkan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh nyata dari sumber ekstrak daging buah, fuli dan biji pala terhadap daya hambat S. aureus. Sumber ekstrak fuli memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan daging buah dan biji pala. Sumber ekstrak dan konsentrasi terbaik pengaruhnya terhadap daya hambat Staphylococcus aureus adalah fuli mulai dari konsentrasi 5 x 10 5 ppm. Semakin besar konsentrasi yang diberikan maka semakin besar daya hambat yang dihasilkan oleh ketiga sumber ekstrak etanol terhadap Staphylococcus aureus. Kata kunci : Myristica fragrans, Staphylococcus aureus, daya hambat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ENGARUH DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI PALA (MYRISTICA FRAGRANS) DENGAN METODE MASERASI TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (FERRA KEUMALA NURI, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL MINYAK ATSIRI BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP JAMUR CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (T Akmal Kausar, 2015)

UJI ZONA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BUAH SAWO MANILA (MANILKARA ZAPOTA L) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS (FADHILLAH, 2018)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MIZLA MAULIA N LUBIS, 2018)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Raysa Syarifah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy