//

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA KELOMPOK B 1 TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadya Rizky - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizky Nadya, 2016. Pengembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam dengan Media Kertas Pada Kelompok B 1 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1). Dr. Israwati, M. Si., (2) Drs. Amsal Amri, M. Pd. Kata kunci: pengembangan, kreativitas, seni menganyam Kreativitas menganyam adalah kemampuan terampil anak dalam melakukan aktivitas praktek membuat motif anyaman dasar sederhana yang bertujuan untuk menghasilkan aneka benda atau barang pakai dan seni yang dilakukan dengan cara saling menyusunkan atau menumpang tindihkan bagian-bagian bahan anyaman secara bergantian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan menganyam dengan media kertas dapat mengembangkan kreativitas seni anak usia dini pada kelompok B 1 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak pada Kelompok B 1 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh pada tahun pelajaran 2016 berusia 5-6 tahun yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pada tindakan prasiklus 8 orang anak (44.4%) yang belum berkembang, 6 orang anak (33.3%) yang mulai berkembang, 4 orang anak (22.2%) yang berkembang sesuai harapan, sedangkan anak yang berkemampuan berkembang sangat baik belum terlihat pada prasiklus. Pada tindakan siklus I 3 orang anak (16.7%) yang belum berkembang, 8 orang anak (44.4%) yang mulai berkembang, 7 orang anak (38.9%) berkembang sesuai harapan, sedangkan anak yang berkemampuan berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan siklus II tidak terlihat lagi anak yang belum mampu mengembangkan kreativitas seninya, 3 orang anak (16.7%) yang mulai berkembang, 7 orang anak (38.9%) yang berkembang sesuai harapan, dan 8 orang anak berkembang sangat baik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bila presentase anak mendapatkan bintang 3 dan 4 sebanyak 80%. Pada tindakan siklus II menunjukkan bahwa presentase anak mendapatkan bintang 3 dan 4 mencapai angka lebih dari 80%. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam dengan media kertas dapat mengembangkan kreativitas seni anak usia dini di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Rizki Itawari, 2017)

UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA (SUATU PENELITIAN DI TK BUNGONG SELEUPOEK UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM) (syamsiah, 2014)

PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Ultari Ningsih, 2017)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN 3M DAN MELIPAT DI TK NEGERI DHARMA WANITA TEUNOM (Fitri, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KREATIVITAS PENCAMPURAN WARNA PADA TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (NOVITA FANNY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy