//

IMPLEMENTASI PAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU FISIKA DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Roza Zulfira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Implemetasi, Pedagogical Content Knowledge (PCK), Hasil Belajar, Besaran dan Pengukuran Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam mengefektifkan praktek pedagogi dan menguasai materi subjek di lingkungan pembelajaran. Pedagogical content knowledge (PCK) adalah perpaduan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasipedagogical content knowledge (PCK) guru fisika dilihat dari hasil belajar siswa pada materi besaran dan pengukuran. Penelitian dilakukan pada kelas X IA4SMAN 4 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes pilihan ganda kepada siswa untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi besaran dan pengukuran danobservasipedagogical content knowledge(PCK) guru fisika yang diamati dengan menggunakan lembaran observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif, yaitu: Nilai rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 80 dengan deskripsi PCK guru fisika: 95% guru telah memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran, 67% keberhasilan guru dalam merencanakan pembelajaran, 70% keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, 67% keberhasilan guru dalam mengevaluasi hasil belajar, 75% guru sudah mampu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, dan 75% guru sudah menguasai substansi keilmuan dengan baik. Jika PCK guru fisika semakin baik maka hasil belajar siswa juga semakin baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Syarifah Raisa, 2015)

KOMPETENSI TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MAHASISWA PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015 (Yulifhirmarijal, 2015)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Ida Hayati, 2018)

PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (maswan nasri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy