//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENGKAKAN BIAYA (COST OVERRUN) YANG BERPENGARUH TERHADAP KETIDAKPASTIAN BIAYA (CONTINGENCY COST) PADA PROYEK IRIGASI DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bima Risandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keberhasilan melaksanakan proyek konstruksi tepat waktu dengan anggaran yang sesuai rencana adalah sasaran dan harapan pemilik proyek maupun kontraktor. Namun pada kenyataannya sering dijumpai permasalahan munculnya cost overrun pada proyek konstruksi selama tahap pelaksanaan pekerjaan, yang disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk meminimumkan terjadinya nilai cost overrun pada proyek berikutnya, maka hendaknya setiap faktor diperhatikan dengan baik atau selalu dipertimbangkan ditahap estimasi awal, sehingga dapat dicegah atau dihindari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dominan penyebab terjadinya cost overrun pada proyek irigasi, serta untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor cost overrun terhadap contingency cost pada proyek irigasi di Kabupaten Aceh Besar. Proyek irigasi yang diamati adalah yang telah selesai dilaksanakan mulai dari tahun 2010-2015. Penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner yang ditujukan kepada kontraktor bidang irigasi, mulai dari kualifikasi K3, M1, M2 dan B1. Jumlah populasi diperoleh sebanyak 46 perusahaan kontraktor, melalui persamaan Slovin maka sampel penelitian diperoleh sebanyak 32 kontraktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan penyebab terjadinya cost overrun proyek irigasi disebabkan faktor estimasi, dengan nilai mean sebesar 4,397. Hubungan faktor-faktor cost overrun terhadap contingency cost pada proyek irigasi yang mempunyai hubungan cukup adalah faktor dokumen proyek dengan nilai koefisien korelasi Pearson antara 0,400-0,700. Pengaruh faktor-faktor cost overrun terhadap contingency cost pada proyek irigasi, yang paling berpengaruh adalah faktor dokumen proyek, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,059. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor dokumen proyek ditangani dengan baik, maka contingency cost pada proyek irigasi di Kabupaten Aceh Besar akan semakin terkendali. Kata Kunci : Pembengkakan biaya, ketidakpastian biaya, proyek irigasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB COST OVERRUN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BESAR (Roja Sentosa, 2016)

ESTIMASI BIAYA PEKERJAAN REHABILITASI DAN PENINGKATAN JARINGAN IRIGASI MENGGUNAKAN “COST SIGNIFICANT MODEL” (STUDI KASUS : DINAS PENGAIRAN KABUPATEN ACEH TENGGARA) (Edwyn Akhsa, 2015)

FAKTOR-FAKTOR PENTING PENYEBAB COST OVERRUN PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN KOTA BANDA ACEH (Cut Rita Kemala, 2016)

ANALISIS PENYEBAB TIME DELAYS DAN COST OVERRUNS DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Siswanto, 2015)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy